Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Minuman Diet yang Ampuh Hilangkan Lemak Perut

Tetapi, sekarang lebih banyak ahli menyarankan agar kita memikirkan kembali kebiasaan minum sehari-hari untuk menghilangkan lemak perut.

Sebab, selama beberapa dekade terakhir, kalori dari minuman terus meningkat.

Penelitian menunjukkan, minuman menyumbang lebih dari 20 persen kalori harian, lebih dari 400 kalori dan hampir setengah dari seluruh gula yang kita konsumsi, atau 10 sendok teh.

Sementara itu, penelitian lain juga menemukan betapa merugikannya terlalu banyak kalori cair untuk menjaga lingkar pinggang yang sehat.

Ini karena kalori minuman tidak membuat kita merasa kenyang atau puas dibandingkan dengan jumlah kalori yang sama dari makanan.

Artinya, minuman kaya kalori memperbesar peluang kita untuk menumpuk lebih banyak kalori. Terlebih, kalori cair mudah disimpan sebagai lemak tubuh.

Minuman diet yang ampuh hilangkan lemak perut

Intinya, terlalu banyak minuman berkalori kosong tidak hanya dapat menyebabkan berat badan bertambah, tetapi juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan metabolisme, hingga kematian dini.

Jika kita ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya, mulailah dengan memikirkan kembali apa yang kita minum.

Tidak ada "minuman ajaib" yang akan langsung membuat kita langsing.

Namun, apabila kita membuat beberapa pilihan makanan maupun minuman yang tepat dan disertai dengan olahraga secara rutin, itu semua akan mendukung penurunan berat badan yang lebih sehat.

Nah, berikut adalah 10 pilihan minuman diet yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas nutrisi dalam tubuh dan membantu kita menghilangkan lemak perut.

1. Air putih

Air putih harus menjadi pilihan minuman utama untuk membantu kita menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Air putih bebas kalori dan tubuh kita terdiri dari 50-60 persen air.

Semakin banyak otot yang kita miliki, semakin tinggi pula kandungan airnya.

Sebuah studi tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2019 melaporkan, intervensi penurunan berat badan yang merekomendasikan minum air putih sebagai pengganti minuman berpemanis menghasilkan penurunan berat badan rata-rata sebesar 5,15 persen.

Penurunan berat badan yang sebenarnya dari studi air berkisar dari lebih dari 0,4-8 kg.

Strategi yang sering direkomendasikan untuk minum air putih di awal waktu makan juga dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang efektif.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity melaporkan, di antara 48 subjek dewasa paruh baya dan dewasa yang kelebihan berat badan, mereka yang minum sekitar dua cangkir air sebelum makan sambil mengikuti diet terkontrol kalori kehilangan sekitar 5 kg lebih banyak selama studi 12 minggu.

Capaian tersebut dibandingkan dengan pelaku diet yang tidak minum air sebelum makan.

2. Sparkling water

Pilihan lain jika menginginkan air putih dalam bentuk yang berbeda, kita bisa meminum sparkling water yang mengandung soda.

Sparkling water bebas kalori dan bebas gula sehingga akan memberikan manfaat yang sama dengan air putih biasa, tetapi dengan lebih banyak desis.

Saat memilih sparkling water, pastikan untuk memeriksa fakta nutrisi untuk memastikan kita membeli air berkarbonasi dan bukan air soda dengan tambahan gula.

3. Teh hijau

Teh hijau sering dianggap sebagai jenis teh yang paling sehat karena ribuan penelitian yang memuji manfaat kesehatannya.

Namun, teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan teh putih semuanya berasal dari tanaman teh yang sama, jadi kemungkinan keempat jenis teh tersebut memberikan manfaat kesehatan yang serupa.

Kombinasi epigallocatechin gallate (EGCG) (katekin utama dalam teh hijau) dan kafein yang ditemukan dalam teh hijau memiliki banyak manfaat.

Misalnya, dapat membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan membantu tubuh mempertahankan massa tubuh tanpa lemak sambil menurunkan berat badan.

Satu studi yang dipublikasikan di Clinical Nutrition melaporkan, individu yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dosis tinggi selama 12 minggu yang mengandung EGCG menghasilkan penurunan BMI, lingkar pinggang, dan hormon kelaparan ghrelin.

Para responden juga mengalami peningkatan adiponektin, hormon yang membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik.

Jadi, kita bisa menambahkan teh hijau ke dalam rutinitas harian sebagai cara yang menyegarkan untuk menghilangkan beberapa lemak perut.

4. Teh hitam

Ada empat jenis teh yang berasal dari daun tanaman Camellia sinensis, yakni hitam, hijau, putih, dan oolong.

Yang membuat masing-masing berbeda adalah teh putih dan teh hijau tidak dioksidasi (difermentasi), sedangkan teh hitam dibiarkan teroksidasi, membuatnya gelap dan pekat.

Jenis dan jumlah polifenol katekin bervariasi berdasarkan jenis teh, tetapi penelitian menunjukkan, teh hitam dapat membantu penurunan dan pemeliharaan berat badan.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function menemukan, di antara 111 peserta studi dewasa, mereka yang minum tiga cangkir teh per hari selama tiga bulan mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang yang signifikan.

Para peneliti kemudian percaya, katekin dalam teh hitam mampu meningkatkan metabolisme lemak dan dapat meningkatkan mikrobioma usus untuk membantu penurunan berat badan.

Penelitian lain yang dilaporkan dalam Nutrition Research menemukan, di antara subjek Jepang yang kelebihan berat badan atau obesitas, mereka yang diberi ekstrak teh hitam tiga kali sehari dengan teh jelai mengalami penurunan yang signifikan dalam lingkar pinggang dan lemak perut visceral.

Kafein dalam teh juga dapat meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu tubuh membakar kalori.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, minumlah teh tanpa tambahan susu atau pemanis.

5. Kombucha

Kombucha adalah jenis teh hijau atau hitam yang difermentasi, yang menyediakan probiotik bermanfaat.

Kombucha menggabungkan manfaat kesehatan dari teh, ditambah bonus kesehatan tambahan yang terkait dengan probiotik, yang mencakup peningkatan mikrobioma usus.

Banyak penelitian selama beberapa tahun terakhir menunjukkan, meningkatkan bakteri baik dalam saluran pencernaan dapat berperan dalam penurunan berat badan melalui beberapa mekanisme kerja.

Probiotik juga dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan, meningkatkan hormon pengatur nafsu makan untuk membantu mengerem makan berlebihan, dan mampu meredam peradangan yang terkait dengan kelebihan lemak dan lemak perut.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity melaporkan, wanita yang diberi probiotik saat berdiet mengalami penurunan lemak perut yang jauh lebih besar, dibandingkan dengan wanita yang menjalani diet yang sama tetapi tanpa suplemen probiotik.

6. Kopi hitam

Kopi adalah minuman sehat yang memberikan banyak sekali antioksidan dan senyawa bioaktif nabati lainnya yang bermanfaat untuk diet kita.

Meskipun penelitian masih berlangsung, ada bukti yang menunjukkan, kopi hitam atau kopi dengan susu rendah lemak dan tanpa pemanis tambahan dapat membantu mengurangi lemak perut dan berat badan.

Para peneliti berteori, kafein dan katekin dalam kopi memiliki dampak positif pada metabolisme istirahat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pun menemukan, di antara peserta studi yang meminum empat cangkir kopi per hari, terdapat rata-rata penurunan 4 persen lemak tubuh secara keseluruhan selama periode studi enam bulan.

Para penulis mengungkapkan, kopi memberikan peningkatan metabolisme sekaligus berpotensi bertindak seperti penekan nafsu makan.

Setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, jadi empat cangkir mungkin tidak cocok untuk kita.

Mulailah dengan satu atau dua cangkir dan pantau bagaimana perasaan kita sebelum meningkatkan asupan kopi.

Pastikan juga untuk menghindari minuman kopi gourmet yang sarat dengan kalori, gula tambahan, dan lemak jenuh.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel (alias ACV) sering disebut-sebut di media sosial dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Meskipun minuman ini tidak benar-benar "melelehkan" lemak, ada penelitian yang dipublikasikan yang menunjukkan, subjek yang diberi asam asetat, asam utama dalam cuka sari apel, mengalami penurunan berat badan, kehilangan lemak, dan pengurangan lingkar pinggang.

Para penulis pun menyimpulkan, asupan cuka setiap hari dapat menjadi alat yang berguna untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah yang sehat.

Untuk hasil terbaik, cobalah mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan air atau minuman bebas kalori lainnya sebelum dua kali makan utama dan lihatlah bagaimana berat badan kita merespons.

8. Air lemon

Dinikmati panas atau dingin sebelum sarapan, air lemon memiliki manfaat mengejutkan yang dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Kita bisa mendapatkan manfaat dari peningkatan metabolisme alami yang disediakan oleh air.

Tetapi, lemon menyediakan polifenol yang telah ditunjukkan dalam penelitian model hewan untuk mencegah obesitas ketika hewan diberi makanan tinggi lemak secara berlebihan.

Satu penelitian pada manusia yang dilaporkan dalam Nutrition Journal juga menemukan, suplemen hesperidin, flavonoid utama dalam lemon, ditambah dengan kafein menghasilkan penurunan berat badan dan lemak.

Buatlah air lemon dengan memeras air perasan dari setengah buah lemon ke dalam segelas air.

Selain itu, kita bisa menambahkan daun mint segar, irisan mentimun, dan stroberi untuk membuat infused water yang menyegarkan untuk membantu melangsingkan tubuh.

9. Jus sayuran segar

Membuat jus sayuran adalah cara yang bagus untuk melangsingkan tubuh, sekaligus mendapatkan tambahan nutrisi yang bermanfaat dalam diet.

Cobalah untuk menikmati jus yang masih menyisakan ampas, karena mengandung serat yang mengenyangkan yang membantu memperlambat pencernaan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi rasa lapar.

Karena sebagian besar dari kita tidak mendapatkan porsi sayuran yang direkomendasikan setiap hari, maka jus sayuran segar adalah cara yang bagus untuk menambah asupan serat dalam diet yang membantu kita menurunkan berat badan.

Beberapa sayuran yang bagus untuk dibuat jus antara lain wortel, bit, bayam, seledri, dan kangkung.

10. Susu

Susu sapi skim mengandung banyak vitamin dan mineral, serta 8 gram protein per 8 ons sajian.

Sebuah meta-analisis besar dari uji klinis pada manusia yang dilaporkan dalam jurnal Nutrients menyimpulkan, memasukkan susu sebagai bagian dari diet terbatas kalori dapat menghasilkan penurunan berat badan dan lemak yang lebih besar.

Ini juga dapat mempertahankan massa otot dibandingkan dengan ketika susu tidak dimasukkan sebagai bagian dari protein penurun berat badan.

Protein berkualitas tinggi dalam susu telah terbukti membantu kita kenyang lebih lama.

Kemudian, protein whey dan kasein juga bermanfaat untuk mempertahankan massa otot.

Untuk menjaga kalori dan lemak jenuh, pilihlah susu skim atau susu 1 persen.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/24/160000420/10-minuman-diet-yang-ampuh-hilangkan-lemak-perut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke