Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias yang Dapat Tumbuh Subur di Tempat Lembap

Maka, sebelum memilih tanaman, ada baiknya mempertimbangkan paparan sinar matahari di ruangan, serta kemampuan kita untuk merawatnya.

Salah satu faktor yang sering kali terlupakan saat memutuskan untuk memelihara tanaman hias adalah tingkat kelembapan rumah dan apakah kita menemukan tanaman hias yang tahan terhadap kelembapan atau tidak.

Untuk itu, jika kita tinggal di lingkungan yang lembap, para ahli pun merekomendasikan beberapa tanaman hias berikut ini.

"Peace lily menyukai kelembapan karena stomatanya, bukaan kecil di permukaan daun, lebih terbuka dalam kondisi lembap," kata Tony O'Neill, seorang pakar berkebun dan pendiri Simplify Gardening.

"Hal ini memungkinkan pertukaran gas yang lebih baik dan memungkinkan tanaman tersebut berfotosintesis dengan lebih efektif, yang mengarah pada pertumbuhan yang lebih sehat dan lebih cepat," jelasnya.

Untuk merawat peace lily, tanamlah di dalam pot yang memiliki drainase yang baik di bawah sinar matahari tidak langsung.

Seka daunnya dengan kain lembap untuk mencegah penumpukan debu yang dapat memperlambat fotosintesis.

"Hal yang perlu diperhatikan adalah meskipun peace lily menyukai lingkungan yang lembap, namun tanaman ini tidak perlu sering disiram," ungkap O'Neill.

"Kita hanya perlu menyiramnya saat bagian atas tanah terasa kering saat disentuh," saran dia.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis, yang menjelaskan kecintaannya pada kelembapan.

"Ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk ruangan yang lembap atau jika kita tinggal di iklim yang lembap secara alami," kata ahli tanaman dan editor Plant Native, Stephen Sullivan.

"Tanaman hias ini telah beradaptasi untuk menyerap kelembapan dari udara dan tumbuh subur di lingkungan yang kelembapannya berkisar antara 50 persen hingga 80 persen," terangnya.

Jaga agar tanaman tetap berada di bawah sinar matahari yang terang dan tidak langsung dan sirami secukupnya untuk menjaga tanah tetap lembap.

Di musim dingin, kita mungkin perlu menyiram pakis dengan botol semprot beberapa kali seminggu untuk membuatnya tetap tumbuh subur.

"Tidak hanya menambah keindahan rumah, tapi tanaman ini juga dapat membantu membersihkan udara," kata Andrew Laurier, pakar berkebun dan editor Be.Green.

Sri rezeki diketahui dapat tumbuh subur di area dengan cahaya alami yang rendah dan tidak memerlukan jadwal penyiraman.

Laurier pun menyarankan untuk membiarkan 2,5 cm bagian atas tanah mengering sebelum menambahkan lebih banyak air.

Tanaman ini sensitif terhadap angin dingin, jadi perhatikan di mana kita meletakkannya selama musim dingin (dan jauhkan dari AC).

Jadi, pilihlah tanaman yang menyukai kelembapan ini jika kita baru memelihara tanaman hias.

"Philodendron hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang membuatnya serbaguna untuk berbagai ruang dalam ruangan," ujar Laurier.

Ditambah lagi, tanaman ini dapat beradaptasi dengan banyak situasi cahaya, hanya saja jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung, karena itu dapat menghanguskan daunnya.

Pastikan juga untuk menyiram philodendron saat tanah menjadi kering dan jangan menyiramnya secara berlebihan yang dapat menyebabkan pembusukan akar.

"Anggrek adalah tanaman yang indah dan elegan, yang dikenal dengan nuansa tropisnya dan tumbuh subur di lingkungan yang lembap," kata Jane Hart, pakar bunga di FloraQueen.

"Tingkat kelembapan yang tinggi membantu tanaman ini menyerap kelembapan melalui akar udaranya dan mempertahankan dedaunan yang rimbun," jelas dia.

Tempatkan anggrek di bawah cahaya tidak langsung untuk meniru efek kanopi pohon-pohon tinggi di hutan hujan dan sirami tanaman ini secara menyeluruh dalam campuran media anggrek yang bisa cepat kering dengan baik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/26/070000720/5-tanaman-hias-yang-dapat-tumbuh-subur-di-tempat-lembap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke