Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aroma yang Menarik Ular Masuk ke Halaman Rumah

Entah itu mencari makanan, tempat berlindung, atau air, hewan reptil ini akan mengendus aroma apa pun yang dibutuhkan atau disukainya.

"Ular pada dasarnya 'mencium' lingkungannya melalui proses yang disebut chemoreception," kata seorang ahli ular dan pendiri Pest Control Weekly, A.H. David.

Ia menjelaskan, ular tidak dapat mencium bau seperti yang dilakukan manusia dengan hidung,  sebagai gantinya hewan ini menggunakan organ khusus yang disebut Jacobson's Organ, atau organ vomeronasal.

"Organ ini terhubung ke mulutnya dan ketika menjulurkan lidah, ular mengumpulkan partikel dari udara yang kemudian diproses melalui organ ini," terang David.

Pada akhirnya, ular dapat menemukan isyarat kimiawi atau "bau" di lingkungan sekitarnya berada.

Aroma yang menarik ular masuk ke halaman rumah
Seperti dilansir dari laman Best Life, David pun membagikan sejumlah aroma yang menarik perhatian ular sehingga kita bisa mengusirnya dari halaman.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Kotoran tikus
Ular belum tentu tertarik dengan sumber makanan seperti sampah atau sisa makanan, tetapi mungkin mangsanya seperti tikus.

Bagaimanapun juga, hewan pengerat adalah salah satu sumber makanan terbesar ular.

"Aroma tikus, atau hamster, dapat menarik banyak spesies ular, terutama spesies yang lebih besar seperti ular piton, ular boa, dan berbagai jenis ular yang menyukai tikus (rat snake)," kata David.

Selain itu, apabila halaman rumah kita memiliki banyak bau hewan pengerat seperti kotoran atau air seni, hal ini juga dapat menarik perhatian ular, meskipun hewan pengerat itu sendiri sudah tidak ada.

2. Feromon
Tidak mengherankan jika aroma ular akan menarik lebih banyak ular.

"Ular dapat merasakan feromon, yang merupakan bahan kimia khusus yang dilepaskan oleh hewan dari spesies yang sama," ungkap David.

Meskipun ular tidak akan memangsa ular lain dari jenisnya, namun hewan ini akan lebih banyak keluar dan berkeliaran.

"Feromon juga dapat menandakan banyak hal, termasuk siap untuk menemukan pasangan," jelas David.

Ular jantan mungkin mencari ular betina, terutama selama musim kawin.

Menurut Snake Guard, aroma haruslah segar untuk menimbulkan respon makan atau rasa ingin tahu. Ketika kehilangan aroma, ular akan bermigrasi ke tempat lain untuk mencari pasangan atau makanan.

3. Kotoran atau sarang burung
Ular mengikuti aroma mangsanya, dan karena sebagian besar ular adalah predator 'penyergap', hewan ini akan bersarang di area yang memiliki aroma yang ditinggalkan oleh mangsanya.

Misalnya, David mengatakan, rat snake memakan telur burung. Jadi, aroma burung, kotorannya, atau sarangnya berpotensi menarik perhatian spesies ini.

Pemandian burung mungkin sangat menarik karena penuh dengan air dan sering kali sejuk, yang dibutuhkan ular untuk menghidrasi dan bertahan hidup.

4. Amfibi dan ikan
Ular dikenal sebagai pemakan segala. Pada dasarnya, hewan ini merayap hingga menemukan aroma segar atau gerakan, yang kemudian menjadi sumber makanannya.

"Untuk ular yang hidup di air atau semi-akuatik seperti ular air (water snake) atau beberapa jenis ular garter, bau amfibi seperti katak atau kodok, dan juga ikan, bisa menjadi daya tarik," kata David.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ular juga tertarik pada air. Jadi, kuncinya adalah mengusir semua makhluk ini agar ular tidak tinggal di rumah kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/31/100000020/4-aroma-yang-menarik-ular-masuk-ke-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke