Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Hal ini tidak hanya berlaku untuk sistem tubuh secara keseluruhan, tetapi juga untuk setiap komponen tubuh agar berfungsi dengan baik, salah satunya mata.

Jika kita bisa memasukkan lebih banyak makanan terbaik untuk kesehatan mata, maka kita tentu memberi mata apa yang dibutuhkan.

Dengan kata lain, jika kita ingin meningkatkan peluang untuk melihat dengan jelas seumur hidup, kita harus memilih makanan yang baik untuk kesehatan.

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk kesehatan mata? Mari kita cari tahu.

Makanan terbaik untuk mata yang sehat

Baik untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah penglihatan, atau yang sedang berusaha melawan ketegangan mata dalam keseharian, berikut ini adalah 12 makanan untuk meningkatkan kesehatan mata.

Hal ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula (AMD) yang berkaitan dengan usia --salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.

Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.

Meskipun demikian, perlu diketahui, penelitian ini menyatakan, kita harus makan brokoli dalam jumlah yang sangat banyak untuk benar-benar dapat melindungi mata dari AMD.

  • Salmon

Menjaga kesehatan mata berarti menjaga mata tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa sangat membantu.

Salmon, misalnya, mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini membantu mengurangi risiko mata kering --suatu kondisi tidak nyaman yang semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Bagi wanita, lebih penting lagi untuk mengonsumsi salmon dan makanan lain yang mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan mata.

Sebab, perempuan memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengalami mata kering.

Sebagai permulaan, wortel mengandung banyak sekali beta-karoten, antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A.

Vitamin A membantu kita melihat di malam hari dan melindungi kita dari miopia (rabun jauh).

Jika kita telah mencari cara untuk menghindari kebutuhan akan koreksi penglihatan - atau untuk mempertahankan resep saat ini untuk lensa kontak atau kacamata selama mungkin - ambillah camilan ini.

Selain itu, wortel juga mengandung lutein, antioksidan lain. Yang satu ini dapat membantu kita menurunkan risiko AMD.

  • Biji bunga matahari

Ya, kita harus melindungi mata dari sinar matahari. Tapi makanan yang satu ini adalah hal lain lagi.

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan terbaik untuk penglihatan. Asupan ini memiliki banyak vitamin E --antioksidan yang melindungi mata kita dari stres oksidatif.

Vitamin E juga membantu melawan sinar UV matahari yang merusak, sehingga mengurangi risiko katarak.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan di sini: Meskipun tubuh dapat mensintesis beberapa vitamin, kita tetap perlu mendapatkan vitamin E dari sumber makanan atau suplemen.

  • Kiwi

Mencari cara lain untuk melawan potensi kerusakan akibat sinar matahari? Beralihlah ke kiwi.

Buah berbulu halus ini masuk dalam daftar makanan terbaik untuk mata sehat karena mengandung lutein, antioksidan pelawan AMD.

Selain itu, ada kandungan zeaxanthin, yang membantu mata kita menyaring cahaya.

Meskipun banyak makanan lain yang baik untuk kesehatan mata, makanan yang satu ini mungkin terasa seperti bola yang melengkung.

Namun, tetap saja, makanan ini layak untuk dicoba. Tiram tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, tetapi juga mengandung seng yang tinggi.

Kandungan ini memberi kita nutrisi lain yang ampuh jika kita sedang mencoba melawan AMD.

  • Bayam

Ambillah satu halaman dari buku Popeye dan makanlah bayam. Sebagai sumber nutrisi yang lengkap, sayuran hijau ini juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Bayam mengandung banyak lutein, yang terbukti sebagai komponen kunci kesehatan mata.

Selain itu, bayam juga mengandung zeaxanthin. Untuk membantu tubuh menyerap antioksidan ini dengan baik, kita harus mengonsumsinya dengan lemak.

Sedikit salad bayam yang ditaburi minyak zaitun - yang juga mengandung omega-9 dan sedikit omega-3 - memberi kita cara mudah untuk memasukkan makanan terbaik demi penglihatan, ke dalam makanan apa pun.

  • Telur

Telur mengandung hampir semua yang dibutuhkan mata, mulai dari lutein dan zeaxanthin hingga seng dan vitamin A.

Faktanya, sebuah studi dari tahun 2019 menyimpulkan, makan telur dalam jumlah sedang (sekitar 2-4 butir per minggu) secara teratur, akan secara signifikan mengurangi risiko terkena AMD.

Jika kita ingin mendapatkan makanan yang baik untuk kesehatan mata, telur dapat membuatnya lebih mudah.

Sekali lagi, tubuh kita tidak dapat membuat vitamin ini sendiri.

Selain itu, ini adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan mata, jika kita mencoba untuk menghindar dari persiapan di dapur.

Jika kita tidak ingin menyalakan kompor atau mengambil talenan, kita cukup mengambil segenggam kacang almond, dan pergi beraktivitas.

  • Yogurt

Produk susu mengandung vitamin A dan seng, dua nutrisi yang menjadi kunci kesehatan mata.

Tetapi, jika benar-benar ingin memilih makanan terbaik untuk penglihatan, pilihlah jenis yang berbudaya saat menentukan pilihan produk susu.

Mengapa? Karena yogurt mengandung probiotik. Dan penelitian semakin menunjukkan, bakteri baik ini dapat membantu mengatasi berbagai hal, mulai dari konjungtivitis alergi hingga mata kering.

  • Jeruk

Kali ini tentang beta-karoten, serta perannya dalam vitamin A dan mengapa vitamin A penting bagi mata.

Mendapatkan makanan yang mengandung beta-karoten pada umumnya cukup mudah karena satu alasan utama: antioksidan tersebut membuatnya berwarna oranye.

Jadi, kita bisa langsung percaya bahwa jeruk memiliki jumlah nutrisi yang baik, sehingga membuatnya masuk dalam daftar makanan terbaik untuk meningkatkan penglihatan.

Ditambah lagi, seperti yang mungkin sudah kita ketahui, jeruk mengandung banyak vitamin C.

Dan itu dapat membantu tubuh melawan AMD, katarak, dan kehilangan penglihatan secara umum.

  • Stroberi

Jeruk mendapat banyak sorotan karena kandungan vitamin C-nya, tetapi stroberi sebenarnya mengandung lebih banyak.

Dan karena vitamin C memberikan satu-dua-tiga pukulan untuk mencegah kehilangan penglihatan secara keseluruhan, katarak, dan AMD, buah beri ini layak untuk melengkapi daftar makanan terbaik untuk kesehatan mata.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/21/080000620/12-makanan-terbaik-untuk-kesehatan-mata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke