Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi 6 Minuman Selama Diet, Punya Efek Antipenuaan

Terlebih, beberapa minuman diet dapat membuat kita tetap terhidrasi, mengandung sedikit gula dan rendah kalori, serta mengandung nutrisi maupun antioksidan.

Nah, untuk memastikan kita dapat menjaga tubuh tetap langsing sekaligus awet muda, berikut daftar minuman yang bisa ditambahkan dalam rutinitas diet sehat, seperti dikutip dari laman Eat This Not That.

1. Air klorofil
Air klorofil mengandung bahan aktif yang memiliki kemampuan untuk membakar lemak perut dan membuat kita terlihat awet muda.

Menurut seorang ahli gizi di Balance One, Trista Best, RD, air klorofil adalah cara mudah untuk detoksifikasi, meningkatkan kesehatan kulit, dan menyediakan antioksidan dalam jumlah yang signifikan bagi tubuh.

"Antioksidan yang ditemukan dalam klorofil bekerja di dalam tubuh untuk membuang dan mengurangi racun, serta kerusakan akibat radikal bebas," ungkap Best.

"Ketika kerusakan ini dibiarkan terjadi, salah satu masalah kesehatan yang ditimbulkan adalah penuaan kulit, bersama dengan banyak efek samping lain yang lebih serius."

"Karena air klorofil mengandung senyawa anti-inflamasi alami, maka minuman ini bisa mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput," jelasnya.

Menariknya, sebuah penelitian juga menemukan penggunaan klorofil secara topikal diketahui dapat mengurangi photoaging pada kulit, atau dikenal sebagai kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Sementara air klorofil penuh dengan antioksidan, bahan yang sama dengan namanya membawa pencernaan dan pembakaran lemak ke tingkat berikutnya.

"Klorofil meningkatkan kualitas sel darah merah, sehingga memungkinkannya membawa lebih banyak oksigen," terang Best.

"Semakin banyak jumlah oksigen yang beredar di dalam tubuh berarti semakin banyak pula nutrisi dan energi yang mengalir."

"Penyerapan nutrisi yang lebih baik dan peningkatan energi dapat mendorong penurunan berat badan dengan memungkinkan kita melakukan lebih banyak aktivitas fisik," lanjutnya.

2. Kombucha
Sebotol kombucha sudah teruji dapat memperlambat penuaan dan membakar beberapa kalori dalam tubuh.

"Rahasia kombucha adalah fermentasi, proses alami yang menghasilkan probiotik, bakteri baik yang membantu menjaga mikrobioma usus agar tetap bekerja dengan baik," kata ahli gizi Hayley Miller. 

"Usus yang lebih sehat juga telah terbukti dapat meningkatkan pengaturan berat badan dan penuaan yang sehat," jelasnya.

Kendati demikian, tidak semua kombucha sama. Pastikan kita memilih jenis yang tepat untuk kesehatan usus, sehingga dapat meningkatkan proses penurunan berat badan dan melawan penuaan.

3. Air putih
Salah satu minuman yang paling efektif untuk membakar lemak dan membuat kulit terlihat awet muda adalah air putih.

"Air putih tidak hanya memberikan hidrasi, namun juga membantu mendukung metabolisme dan gaya hidup yang sehat," ungkap ahli gizi Katie Tomaschko, MS, RDN.

"Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu menjaga berat badan dan memperlambat [efek] penuaan tertentu seperti gangguan kognitif dan penurunan integritas kulit," katanya.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum banyak air putih dan tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga kulit lembap dan terlihat lebih muda.

4. Kopi hitam
Jika kita terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi hitam, kita mungkin sudah menemukan salah satu minuman terbaik untuk mengurangi lemak perut dan menjaga kulit tetap awet muda.

"Kopi hitam adalah minuman bebas kalori yang memiliki begitu banyak antioksidan, anti-inflamasi, dan menghidrasi," kata ahli gizi, Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD.

"Keduanya membantu pembakaran lemak (dengan meningkatkan metabolisme, seperti halnya kafein), dan anti-penuaan dengan menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi," terangnya.

Sebuah penelitian besar pada orang dewasa Jepang yang dipublikasikan di Nutrients menemukan, konsumsi kopi setiap hari berhubungan dengan penurunan lemak perut.

Apabila kita lebih suka kopi yang manis, pastikan untuk memperhatikan berapa banyak gula yang ditambahkan ke dalam setiap cangkir.

5. Teh hijau

Hunnes menjelaskan, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menghentikan peradangan dan memastikan kita tetap terhidrasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Research and Public Health menemukan hubungan antara konsumsi teh hijau yang tinggi dan kemungkinan obesitas perut yang lebih rendah.

Sementara studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menyimpulkan, partisipan yang minum teh hijau selama 12 minggu memiliki lebih sedikit lemak visceral dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau di akhir penelitian.

Manfaat gabungan dari teh hijau ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan memperlambat tanda-tanda penuaan, sekaligus lemak perut.

6. Teh hitam
Hunnes juga menempatkan teh hitam di samping teh hijau sebagai minuman yang bagus untuk membakar lemak perut dan memperlambat penuaan.

Tidak mengherankan, minuman ini memiliki antioksidan yang dapat membantu mencegah peradangan, melawan keriput, dan bahkan menurunkan berat badan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Molecules, teh hitam mengandung polifenol yang diketahui bisa mengatur berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Jika semua itu belum cukup, teh hitam juga membuat kulit tetap kenyal dan terhidrasi, menjadikannya minuman yang tepat untuk diminum saat kita merasa kering dan ingin melakukan sesuatu untuk tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/21/180829820/rekomendasi-6-minuman-selama-diet-punya-efek-antipenuaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke