Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lada Hitam hingga Kapulaga, 7 Rempah untuk Turunkan Berat Badan

Beberapa rempah dan bumbu dapur, misalnya, terbukti mampu melawan rasa ngidam atau makan secara berlebihan, dan meningkatkan pembakaran lemak.

Selain itu, memasukkan berbagai macam rempah ke dalam makanan juga menambah nutrisi, yang membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih sehat.

Rempah-rempah untuk turunkan berat badan

Berikut terdapat sejumlah rempah yang mudah ditemui dan memiliki manfaat yang besar dalam menurunkan berat badan.

1. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang terbuat dari rimpang tanaman jahe berbunga, Zingiber officinale.

Sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit, beberapa penelitian menunjukkan jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu tinjauan dari 14 penelitian pada manusia memperlihatkan, pemberian suplemen jahe bisa mengurangi berat badan dan lemak perut secara signifikan.

Ulasan lain dari 27 penelitian pada manusia, hewan, dan di tabung reaksi pun menyimpulkan, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sekaligus mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

2. Ginseng

Ginseng adalah tanaman dengan khasiat meningkatkan kesehatan yang sering dianggap sebagai bahan pokok dalam pengobatan tradisional di China.

Ginseng dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis yang berbeda, termasuk Korea, China, dan Amerika, yang semuanya termasuk dalam genus tanaman ginseng yang sama.

Banyak penelitian menunjukkan, tanaman yang kuat ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu penelitian kecil menemukan, mengonsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan minggu menghasilkan penurunan berat badan yang dapat diukur, serta perubahan komposisi mikrobiota usus.

Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan ginseng mampu memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

Namun, penelitian skala besar yang lebih berkualitas tinggi diperlukan untuk meneliti dampak ginseng terhadap penurunan berat badan pada manusia.


3. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagian besar manfaat kesehatannya disebabkan oleh keberadaan kurkumin, bahan kimia yang telah dipelajari secara ekstensif untuk mengetahui efeknya terhadap segala hal, mulai dari peradangan hingga penurunan berat badan.

Sebuah studi pada 44 orang yang obesitas menunjukkan, mengonsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam meningkatkan penurunan lemak, mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan hingga lima persen.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan juga menemukan, pemberian kurkumin pada tikus selama 12 minggu dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh dengan cara menghalangi sintesis lemak.

Tetapi perlu diingat, penelitian ini menggunakan jumlah kurkumin yang terkonsentrasi jauh lebih besar daripada jumlah yang ada dalam dosis kunyit biasa.

Sehingga, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memeriksa bagaimana kunyit itu sendiri dapat berdampak pada penurunan berat badan.

4. Lada hitam

Lada hitam merupakan bumbu rumahan yang berasal dari buah kering Piper nigrum, tanaman merambat berbunga asli India.

Lada hitam mengandung senyawa kuat yang disebut piperin, yang memberikan rasa pedas dan potensi efek penurunan berat badan.

Satu studi menemukan, pemberian suplemen piperin membantu mengurangi berat badan pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak, bahkan tanpa perubahan asupan makanan.

Sebuah studi tabung reaksi juga menunjukkan piperin secara efektif menghambat pembentukan sel lemak.

Sayangnya, penelitian saat ini pun masih terbatas pada penelitian tabung dan hewan.

Sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana piperin dan lada hitam dapat memengaruhi penurunan berat badan pada manusia.


5. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah aromatik yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon genus Cinnamomum.

Kayu manis kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Beberapa penelitian bahkan menemukan jika rempah ini dapat membantu proses penurunan berat badan.

Hal ini karena kayu manis sangat efektif dalam menstabilkan gula darah, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Studi juga menyebutkan, senyawa spesifik yang ditemukan dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, yang membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Selain itu, kayu manis dapat menurunkan kadar enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pemecahan karbohidrat.

Meskipun efek ini berpotensi mengurangi nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari efek kayu manis secara langsung pada berat badan.

6. Jintan

Jintan adalah rempah-rempah yang terbuat dari biji Cuminum cyminum yang dikeringkan dan ditumbuk. Ini adalah tanaman berbunga dari keluarga peterseli.

Terkenal dengan rasa kacang yang khas, rempah ini kaya akan manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Sebuah penelitian kecil selama tiga bulan menemukan, wanita yang mengonsumsi yogurt dengan 3 gram jintan dua kali sehari kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh dibandingkan kelompok kontrol.

Demikian pula, sebuah penelitian selama delapan minggu melaporkan, orang dewasa yang mengonsumsi suplemen jintan tiga kali sehari kehilangan 1 kg lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi plasebo.

7. Kapulaga

Kapulaga adalah rempah-rempah yang sangat berharga, terbuat dari biji tanaman yang termasuk dalam keluarga jahe.

Rempah ini digunakan di seluruh dunia untuk memasak maupun membuat kue, tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan, bubuk kapulaga dapat membantu mengurangi lemak perut pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat.

Lalu, penelitian pada hewan lainnya menunjukkan kapulaga hitam, khususnya, efektif dalam mengurangi lemak perut dan total lemak tubuh pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak.

Kendati demikian, sebagian besar penelitian tentang potensi penurunan berat badan kapulaga masih terbatas hanya pada hewan.

Jadi, pengaruh kapulaga terhadap penurunan berat badan pada manusia belum ada bukti yang pasti.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/21/160000920/lada-hitam-hingga-kapulaga-7-rempah-untuk-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke