Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langkah Antisipasi untuk Cegah Rabies pada Anabul, Apa Itu?

Di perkotaan, penyakit ini berpotensi menular pada hewan peliharaan domestik seperti anjing dan kucing yang kerap berinteraksi di lingkungan perumahan.

Diketahui, penyakit rabies yang menyerang otak dan sistem saraf ini bisa menular melalui virus dan gigitan yang mematikan.

Kania Rifa Iradatya, dokter hewan dari K+ Mobile Vet mengatakan, kunci utama untuk mencegah penularan rabies pada anabul adalah rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin.

"Baiknya periksa rutin dan vaksin, itu dua kuncian utamanya yang pasti disarankan," kata Kania saat ditemui, Jumat (6/10/2023).

Selain vaksin, pecinta hewan pun wajib menjaga kebersihan anabul dan lingkungan sekitarnya. Hal ini menjadi langkah awal menjauhkan anabul dari penularan penyakit.

"Jadi kalau ada ciri-ciri awal (rabies) bisa segera ditangani, jadi tidak menunggu parah," kata Kania lagi.

Kania menerangkan, pecinta hewan juga wajib menjaga kualitas gizi makanan anabul. Makanan akan berdampak pada peningkatan daya tubuh hewan peliharaan.

"Jadi untuk memelihara sudah siap secara lahir batin, lingkungan dan materi juga dan mental, karena kita merawat makhluk hidup," ucap Kania.

Selain itu, pecinta hewan pun wajib menambah wawasan terkait kesehatan dan kesejahteraan anabul.

Salah satunya mendatangi festival hewan peliharaan seperti Pet Euphoria yang berlangsung di Mal Paris Van Java, Kota Bandung pada 6-8 Oktober 2023.

Kania menerangkan, festival Pet Euphoria ini merupakan wadah berkumpulnya pecinta hewan mulai dari anjing, kucing, hingga hewan eksotis macam ular dan kadal.

Komunitas pecinta hewan akan memberikan edukasi bagaimana cara merawat hewan yang baik dan benar. Sehingga, hewan peliharaan selalu dalam keadaan sehat.

"Lebih banyak mengedukasi masyarakat tentang kondisi terkini, dan penyakit terkini pada hewannya. Melindungi diri dan hewannya," ucap Kania.

Disamping edukasi, Pet Euphoria menghadirkan kontes hewan peliharaan hingga pemeriksaan dari K+ Mobile Vet yang merupakan mobil klinik hewan keliling pertama di Indonesia.

Kania berharap, melalui kegiatan ini masyarakat khususnya pecinta hewan semakin teredukasi, sehingga lingkungan semakin sehat, dan potensi penularan rabies dan penyakit lainnya menurun.

"Semoga antusiasme yang diberikan sepadan dengan edukasi dan manfaat yang diterima," cetus Kania.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/07/140000520/langkah-antisipasi-untuk-cegah-rabies-pada-anabul-apa-itu-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke