Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Para Pesohor Hollywood Ini Minum Obat Diet Kontroversial demi Menurunkan Berat Badan

Ia memang tidak menyebut namanya tapi besar kemungkinan presenter itu mengonsumsi ozempic, obat penurun berat badan yang belakangan populer di Hollywood.

Ozempic adalah nama merek obat dengan kandungan semaglutide yang sebenarnya dipakai untuk mengobati diabetes tipe 2.

Ada sejumlah nama lainnya untuk obat sejenis termasuk Wegovy, Mounjaro, dll.

Obat-obatan tersebut bekerja dengan menekan nafsu makan sehingga sering kali 'disalahgunakan' untuk menurunkan berat badan.

Meski demikian, obat ini juga menyebabkan efek samping seperti kehilangangan massa otot, mual, diare dan berat badan yang kembali naik setelah tak lagi meminumnya.

Terlepas penggunaannya yang menuai polemik, ada sejumlah pesohor Hollywood yang mengaku mengonsumsi obat diet kontroversial ini untuk menurunkan berat badannya.

Siapa saja?

“Saya sekarang menggunakannya karena saya merasa membutuhkannya, sebagai alat untuk mengelola, agar tidak mengalami efek yoyo,” katanya, dalam wawancara terbaru.

Ia mengatakan, obat tersebut membantunya mempertahankan berat badan yang sehat dengan melengkapi menu makan tinggi nutrisi dan olahraga yang rutin dilakukannya.

“Fakta bahwa ada resep yang disetujui secara medis untuk mengatur berat badan dan tetap sehat, dalam hidup saya, terasa seperti kelegaan, seperti penebusan, seperti hadiah, dan bukan sesuatu yang disembunyikan dan sekali lagi diejek," tandasnya.

Aktris sekaligus komedian ini mengaku menggunakan Ozempic pada 2022 lalu dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun ia berhenti mengonsumsi obat diet itu karena efek samping mual yang tak tertahankan.

Hal itu bahkan membuatnya sulit berinteraksi dengan anaknya sehingga merasa tidak ada gunanya terus mengonsumsi obat tersebut.

“Saya adalah salah satu orang yang merasa mual, saya tidak bisa bermain dengan anak saya,” ujarnya, saat hadir di Watch What Happens Live with Andy Cohen pada Juni lalu.

Bintang reality show itu mengungkapkan telah menggunakan Ozempic untuk mengontrol berat badannya.

Namun dia merasa berat badannya turun terlalu banyak dan tidak ingin melanjutkannya.

Berat badannya turun hingga 19 kilogram, yang dirasa sudah cukup banyak.

“Saya sebenarnya tidak ingin tampil sekurus ini, tetapi hal itu terjadi begitu saja," ujar istri Ozzy Osbourne ini.

Meski demikian, ia mengaku mungkin akan menggunakannya lagi dalam waktu dekat meskipun merasakan mual sebagai efek samping.

“Anda tidak muntah secara fisik tetapi Anda merasakan hal itu,” katanya.

“Saya merasa mual selama sekitar dua, tiga minggu sepanjang waktu. Anda menjadi sangat haus dan tidak ingin makan. Itu dia."

Chelsea Handler

Aktris ini mengaku sempat mengonsumsi obat diet yang serupa tanpa tahu jika Ozempic sebenarnya ditujukan untuk pasien diabetes.

"Dokter anti-penuaan saya hanya membagikannya kepada siapa saja. Saya bahkan tidak tahu bahwa saya sedang mengonsumsinya Dia berkata, 'Jika Anda ingin menurunkan berat badan sebanyak lima pon, ini bagus.'" katanya.

Ia akhirnya menyadari hal itu setelah salah satu temannya mengaku merasakan efek samping mual dan tidak nafsu makan karena obat tersebut, hal yang juga dialaminya.

"Saya tidak meminumnya lagi. Itu terlalu tidak bertanggung jawab. Saya tidak akan mengonsumsi obat diabetes. Itu bukan untuk saya. Itu tidak tepat untukku," tandasnya.

Elon Musk

Miliarder ini sempat mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis di tahun 2023.

Tubuhnya lebih kencang dan berotot sekaligus kehilangan lemak di beberapa bagian.

Pada Oktober 2022, lewat cuitan di Twitter, ia menyebut dirinya minum obat dengan kandungan semaglutide yang membuatnya lebih bugar, sehat dan berotot.

Menurutnya, dietnya sukses karena puasa dan Wegovy, salah satu merek obat yang serupa dengan Ozempic.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/12/20/102218620/para-pesohor-hollywood-ini-minum-obat-diet-kontroversial-demi-menurunkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke