Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Minuman Terbaik untuk Redakan Perut Kembung Secara Cepat

KOMPAS.com - Perut kembung mengakibatkan perasaan sesak, tertekan, atau penuh pada perut yang menimbulkan rasa tidak nyaman, dan bahkan menyakitkan.

Bagi kebanyakan orang, perut kembung cenderung hilang setelah beberapa saat, tetapi yang lain mengalaminya secara berulang karena masalah pencernaan atau fluktuasi hormon.

Ada pun penyebab paling umum dari perut kembung adalah gas yang berlebih akibat terlalu cepat makan, atau memiliki kondisi lain yang menyebabkan gas dan isi pencernaan menumpuk.

Minuman untuk redakan perut kembung dengan cepat

Jika perut kembung yang kita alami tidak kunjung sembuh atau merasa khawatir ada kondisi lain, maka bicarakan hal ini pada dokter.

Namun, apabila kita mengalami perut kembung yang ringan dan ingin mencoba meredakannya dengan cepat, berikut daftar minuman yang dapat membantu.

"Mikroorganisme menguntungkan yang ada di dalamnya membantu memecah makanan di usus, sehingga meredakan gas, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya," jelas ahli gizi dan pemilik Nutrition Now Counseling, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT.

Selain itu, kefir juga dapat meningkatkan mikrobiota usus yang seimbang, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah orang mengonsumsi strain probiotik yang ditemukan dalam kefir setiap hari selama tiga minggu, perut kembung mulai berkurang," kata dia.

"Ini adalah bantuan pencernaan yang bagus untuk mengosongkan perut, sehingga dapat membantu meredakan kembung," terang Amanda Sauceda, MS, RD, ahli gizi dan pemilik The Mindful Gut.

"Selain itu, jahe juga bersifat karminatif yang berarti bahwa jika kita merasa kembung karena perut bergas, maka teh jahe juga dapat membantu," jelas Sauceda.

Di antara manfaat lain yang meningkatkan kesehatan, katekin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat yang dapat membantu menenangkan saluran pencernaan, mengurangi gas usus setelah makan, dan mengurangi kembung.

"Saya suka melengkapi makanan dengan secangkir teh hijau untuk membantu tubuh saya mengoptimalkan pencernaan dan merasa waspada," ujar pemilik Malina Malkani Nutrition, Malina Malkani, MS, RDN, CDN.

Ketika tidak ada cukup air dalam tubuh, tubuh akan menyerap air dari makanan saat melewati saluran pencernaan, yang mengeraskan feses dan membuatnya sulit untuk dikeluarkan, alias sembelit.

Ketika feses tertinggal di dalam usus, bakteri memiliki lebih banyak waktu untuk memetabolisme feses melalui fermentasi, yang menghasilkan gas yang menyebabkan kembung.

Saat itulah air putih membantu memulihkan keseimbangan, mempermudah buang air besar, dan menghilangkan penyebab kembung.

"Meskipun tidak ada banyak penelitian ilmiah yang secara khusus membahas dampak kombucha terhadap perut kembung."

Demikian penuturan ahli diet dan spesialis bersertifikat di bidang dietetika olahraga, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Namun, beberapa faktor potensial dalam kombucha dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan, yang secara tidak langsung dapat membantu mengurangi kembung pada beberapa orang," katanya.

Menurut Goodson, kombucha dapat mempengaruhi kesehatan usus dan pencernaan, serta membantu mengatasi kembung karena kandungan probiotiknya, yaitu bakteri baik yang dapat mendukung keseimbangan mikrobiota usus.

Mikrobiota usus yang sehat berkaitan dengan pencernaan yang lebih baik dan dapat membantu mencegah perut kembung.

"Selain itu, kombucha mungkin mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan senyawa tertentu. Pencernaan yang lebih baik dapat mengurangi kemungkinan kembung," terangnya.

Terakhir, kombucha rendah gula karena gula yang ditambahkan ke kombucha selama proses fermentasi dikonsumsi oleh SCOBY, sehingga menghasilkan kandungan gula yang lebih rendah pada produk akhir.

"Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kembung, jadi memilih minuman dengan kadar gula yang lebih rendah dapat membantu beberapa orang mengatasi kembung," jelas Goodson.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/08/114901320/5-minuman-terbaik-untuk-redakan-perut-kembung-secara-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke