Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Perlengkapan Bayi 0-3 Bulan yang Wajib Ada di Rumah 

KOMPAS.com - Bayi membutuhkan perawatan khusus sehingga ibu harus menyediakan beberapa perlengkapan di rumah. Namun, karena terlalu bersemangat menyambut buah hati, terkadang ibu-ibu membeli banyak perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak dibutuhkan. 

Pada umumnya, perlengkapan bayi dikategorikan sesuai usia karena menyesuaikan dengan perkembangannya. Meliputi, bayi usia 0-3 bulan, 4-6 bulan, 6-9 bulan, dan 9-12 bulan. 

  • Kapan Waktu yang Tepat untuk Beli Perlengkapan Bayi?
  • 10 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir Perempuan

Lantas, apa saja perlengkapan bayi 0-3 bulan? Simak ulasannya berikut ini. 

Perlengkapan bayi 0-3 bulan

Berikut sejumlah perlengkapan bayi baru lahir yang menjadi prioritas dilansir dari Parents dan Baby Center. 

Pada usia 0-3 bulan, bayi membutuhkan pakaian yang nyaman, karena kulitnya masih sangat sensitif. Karenanya, ibu harus memilih baju bayi dengan bahan yang lembut dan mudah dipakai. 

Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak baju bayi baru lahir, karena bayi tumbuh dengan cepat. Beberapa perlengkapan baju bayi 0-3 bulan antara lain, baju tidur, baju pendek, kaos kaki, dan sarung tangan.

Kamu bisa menjumpai satu set baju bayi yang dijual di marketplace dengan harga mulai dari Rp 150.000-an. 

Ibu bisa memilih untuk menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Usahakan pilihan tersebut cocok dengan kulit bayi, karena setiap pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Untuk bayi usia 0-3 bulan, biasanya memakai ukuran XS atau S. Namun, bisa disesuikan dengan berat badan bayi. 

Pastikan untuk mengganti popok bayi secara teratur. Para dokter atau ahli merekomendasikan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau segera setelah bayi buang air kecil atau besar. 

Tujuannya, agar si kecil terhindar dari masalah ruam popok. Saat membeli popok, sebaiknya dalam jumlah kecil dulu untuk mencoba apakah popok tersebut cocok di kulit bayi. 

3. Produk perawatan bayi 

Bayi baru lahir membutuhkan perawatan khusus karena kulitnya masih sensitif. Ibu bisa menemukan berbagai produk perawatan bayi di marketplace atau toko bayi terdekat. 

Beberapa produk perawatan bayi yang perlu ibu persiapkan antara lain, sabun dan shampo bayi, diaper cream untuk mencegah ruam popok, dan minyak telon untuk menghangatkan tubuh si kecil. 

Ibu juga perlu menyiapkan lotion bayi untuk menjaga kelembapan kulit buah hati. Perlu diketahui, bayi baru lahir juga kerap mengalami kembung hingga rewel, sehingga ibu perlu menyiapkan baby calming rub cream.

  • Benarkah Memainkan Bibir Bayi Bisa Bikin Gagap?
  • 4 Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi, Cukup 10 Menit Per Hari

4. Perlak bayi 

Perlengkapan bayi 0-3 bulan selanjutnya adalah perlak. Pilihlah perlak kedap air sehingga nyaman untuk bayi dan ibu sendiri. 

Ibu bisa menggunakan perlak sebagai alas saat mengganti popok si kecil sehingga tidak membahasi tempat tidur. Ada berbagai pilihan perlak kedap air di marketplace atau toko bayi dengan beragam motif lucu, mulai dari Rp 80.000-an.

Termometer adalah perlengkapan bayi yang wajib tersedia di rumah. Alat pengukur suhu tubuh ini, bisa bermanfaat hingga bayi tumbuh besar nantinya. 

Termometer sangat dibutuhkan saat bayi tiba-tiba demam. Sebab, ada tingkat suhu badan bayi yang patut diwaspadai sesuai dengan anjuran dokter anak.

Selain itu, bayi rawan demam usai menerima imunisasi. Jadi, sebaiknya orangtua menyediakan termometer untuk mengecek suhu badan bayi sekaligus memahami kondisi demam yang patut diwaspadai.

6. Bak mandi bayi 

Perlengkapan bayi 0-3 bulan selanjutnya adalah bak mandi. Ibu bisa melengkapinya dengan baby bather agar lebih mudah memandikan si kecil. 

Pilihlah bak mandi dan baby bather dari bahan yang kuat serta sesuai dengan ukuran tubuh bayi. Saat menggunakan baby bather, ibu perlu memperhatikan berat badan maksimal bayi yang tertera pada petunjuk penggunaan produk.

Harga bak mandi dibanderol mulai dari Rpp 80.000-an dan baby bather dibanderol mulai dari Rp 100.000-an.

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah handuk dan waslap. Pastikan membeli handuk dan waslap dari bahan yang lembut karena kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif. 

Waslap dapat digunakan untuk menyeka badan bayi saat mandi atau saat berkeringat. 

Jangan kaget bila kuku si kecil tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, ibu harus menyediakan gunting kuku khusus bayi di rumah. 

Ibu bisa membeli paket perawatan bayi yang terdiri dari gunting kuku bayi, gunting bayi, dan sisir bayi. Ukuran produk perawatan bayi itu lebih kecil dibandingkan milik orang dewasa dan lebih tumpul sehingga lebih aman untuk buah hati. 

Sebaiknya, ibu memotong kuku bayi saat si kecil dalam kondisi tenang sepertis saat menyusu atau tidur agar lebih aman. Harga gunting kuku bayi dibanderol mulai dari Rp 25.000-an. 

Bayi usia 0-3 bulan pada umumnya merasa nyaman dan aman berada di gendongan ibu. Oleh sebab itu, ibu sangat membutuhkan gendongan bayi untuk memudahkan menggendong si kecil. 

Demi kenyamanan dan keamanan, sebaiknya ibu memilih gendongan bayi sesuai dengan usia. Untuk usia 0-3 bulan, ibu bisa menggunakan gendongan jarik, gendongan selempang, atau gendongan dengan model m-shape. 

Beberapa merek gendongan bayi antara lain, Baby Scots, Mooimom, Dialogue Baby, Mom’s Baby, Ergobaby, dan sebagainya. Harganya beragam bergantung dari merek dan jenis gendongan bayi, mulai dari Rp 300.000-an. 

Untuk diketahui, dokter anak tidak menganjurkan orangtua tidur bersama bayi di kasur yang sama, khususnya bayi di bawah tiga bulan. 

Sebab, tidur satu ranjang dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi. Saat tidur, orangtua bisa saja tanpa sadar menindih badan bayi sehingga berisiko mengalami SIDS. 

Oleh sebab itu, orangtua perlu menyiapkan tempat tidur bayi. Bisa berupa kasur khusus bayi atau boks bayi. 

11. Perlengkapan menyusui 

Selain menyusui langsung atau direct breastfeeding (DBF), ibu juga disarankan rutin memerah ASI agar payudara terus memproduksi ASI. Oleh sebab itu, ibu perlu mempersiapkan perlengkapan menyusui. 

Ada beragam perlengkapan menyusui yang perlu disiapkan, seperti pompa ASI, ASI booster, tempat penyimpanan ASI, alat sterilisasi atau sterilizer. 

Bagi ibu menyusui yang beraktivitas di luar rumah juga membutuhkan pendingin ASI atau ice gel dan tas tempat ASI atau cooler bag untuk menyimpan ASI. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/28/152542720/11-perlengkapan-bayi-0-3-bulan-yang-wajib-ada-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke