Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dream Job: Koki Kreator Makanan

Kompas.com - 19/11/2009, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Anda suka makanan enak? Pernahkah Anda membayangkan untuk bisa mencipta makanan-makanan lezat layaknya seorang koki? Berikut adalah dialog majalah Chic dengan Veronica Fibianti, 28, Chef Chocolate Hotel Sari Pan Pacific mengenai profesi ini.

Selain memasak, apa sajakah tugas seorang koki?
Seorang koki bekerja mulai dari membuat resep, menentukan dan menakar bahan-bahan yang diperlukan, memasak, sampai menyajikan makanan. Kalau di hotel, koki bukan hanya orang yang bekerja di dapur (kitchen) dan mengurusi menu utama (main course). Yang membuat makanan pembuka (appetizer) dan makanan penututp (dessert) pun disebut koki.

Adakah jenjang kariernya?
Ada. Dari paling bawah, ada cook helper atau kitchen assistants yang membantu menyediakan bahan-bahan masakan. Lalu, ada commis yang kerjanya hampir sama dengan kitchen assistants, tapi posisinya lebih tinggi. Setelah itu ada demi chef dan chef de partie, yang mirip supervisor, mengawasi kerja anak buah sambil turun langsung bekerja, tapi juga memberi laporan ke atas. Di atasnya, ada sous chef yang bertanggung jawab pada resep-resep. Dan paling atas, ada executive chef yang bertanggung jawab pada semua urusan di dapur. Kalau seorang koki kerjanya bagus, dalam satu tahun biasanya akan naik satu tingkat.

Perlu syarat khusus untuk menekuni profesi ini?
Kalau menjadi koki di restoran besar atau hotel, pendidikan khusus memang perlu. Karena banyak hal diajarkan di sekolah yang bukan cuma memasak. Tetapi untuk restoran kecil, bisa memasak enak dan senang mencoba berbagai masakan saja sudah cukup.

Apa menariknya menjadi seorang koki?
Salary koki di Indonesia memang tidak terlalu besar. Tetapi, peluang untuk mengecap kerja di luar negeri dengan penghasilan tinggi juga terbuka lebar. Atau, bila ilmu kita sudah cukup, kita juga bisa membuka usaha sendiri dengan keahlian yang dimiliki.

 

(Erma D. K./Majalah Chic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com