Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

High Heels Enggak Bikin Pria Melirik Anda

Kompas.com - 22/09/2010, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Mengenakan sepatu berhak tinggi memang membuat kita terlihat seksi. Apalagi jika kita memiliki tungkai yang panjang dan ramping. Tetapi, Anda salah bila mengira bisa memikat pria dengan mengenakan sepatu berhak tinggi. Soalnya, pria enggak akan ngeh bahwa perempuan itu memakai sepatu hak tinggi dari cara berjalannya.

Anda boleh saja tidak percaya, tetapi ini merupakan hasil penelitian Northumbria University. Para peneliti memelajari reaksi kaum pria ketika menyaksikan perempuan berjalan dengan memakai sepatu berhak tinggi maupun sepatu tanpa hak.

Uji coba ini ingin melihat apakah perubahan dalam postur tubuh ketika mengenakan high heels, seperti kaki yang lebih jenjang, tubuh yang tegak, atau bokong yang jadi lebih mengacung, bisa memengaruhi para pria. Ternyata, para pria dalam eksperimen ini tidak mampu membedakan subjek mana yang mengenakan high heels dan mana yang tidak.

Penemuan ini merupakan bagian dari proyek penelitian mengenai daya tarik yang lebih luas, dan tentang sinyal-sinyal yang dikirimkan dari gerakan seperti berjalan atau menari. Menurut psikolog evolusioner Dr Nick Neave, peran gerakan dan sinyal-sinyal tersebut pada dasarnya penting dalam membantu manusia memilih pasangannya.

Dari penelitian ini juga diketahui bagaimana pandangan perempuan mengenai pria yang menari. Dr Neave meyakini bahwa gerakan tari bisa menunjukkan kualitas reproduksi pria. Bagaimana caranya?

Saat penelitian, tim Dr Neave menggunakan teknologi penangkap gerakan tiga dimensi untuk mengidentifikasi area gerakan tubuh penari pria yang memengaruhi persepsi wanita saat menilai apakah kemampuan mereka menari baik atau tidak.

"Kami menduga bahwa gerakan-gerakan itu bisa menjadi sinyal yang jujur mengenai usia, kesehatan, kepribadian, dan status hormonalnya," kata Neave. Dalam penelitian terhadap binatang, menari juga memainkan peran penting dalam memikat calon pasangan.

Satu hal yang mungkin tidak diketahui Dr Neave, siapa bilang perempuan memakai high heels hanya untuk menarik perhatian pria? Tidakkah ia tahu bahwa perempuan kerapkali memakai sepatu berhak tinggi untuk kepuasan mereka sendiri?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com