Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Berbusana Si Tubuh Besar di Tengah

Kompas.com - 25/01/2011, 20:43 WIB

KOMPAS.com - Salah satu bentuk tubuh yang dimiliki perempuan kebanyakan adalah bentuk apel. Bentuk tubuh ini memiliki bagian tengah yang membundar. Jika mereka menunjukkan kenaikan berat badan, bagian perut inilah yang paling terlihat duluan. Umumnya tipe ini memiliki bagian dada dan lengan atas yang besar, serta pundak lebar. Umumnya, tipe ini memiliki bentuk kaki yang ramping serta bagian bokong datar.

Untuk menyiasati bentuk tubuh ini, Jill Martin, dalam bukunya, Fashion for Dummies menyarankan untuk mengenakan busana yang menonjolkan bagian paling menarik; dada dan kaki, dan menyiasati bagian tengah tubuh agar terlihat lebih seimbang.

* Busana bermotif ramai bisa Anda kenakan. Bagian yang baju yang bermotif itu akan menjadi bagian yang paling menarik perhatian, jadi hindari atasan bermotif. Kenakan motif kecil-kecil saja untuk baju atasan. Kalau mau motif besar, kenakan pada bawahan, misal, rok yang bermotif bunga besar dipadankan dengan sweater pas tubuh 1 warna.

* Jika Anda memiliki daerah dada yang cukup penuh (dan cukup percaya diri untuk mengaksentuasi bagian ini), cobalah untuk menarik perhatian ke arah sana. Dengan begini, Anda akan mengalihkan perhatian dari area perut. Pakaian dengan lingkar leher V bisa membantu menarik perhatian ini. Jangan lupa cari sokongan bra yang tepat untuk ukuran Anda.

* Kebanyakan pemilik tubuh bentuk apel memiliki kaki yang indah dan jenjang. Jadi, celana dan rok pendek bisa jadi pilihan tepat.

* Rok berpotongan A juga baik untuk bentuk tubuh ini. Karena rok ini akan melebar di bagian akhir, rok ini akan memberikan keseimbangan dan proporsi ke bagian atas tubuh.

* Jika bokong Anda tak terlalu berisi dan ingin memberi kesan penuh di bagian sana, carilah celana dengan kantung di bagian tersebut. Celana jins Anda seharusnya sedikit di bawah pinggul terlebar. Hindari celana dengan lipit di bagian depan, karena hanya akan makin mempertegas bagian terbesar tubuh Anda.

Hindari pula celana yang terlalu besar, meski Anda memiliki kaki bagus, karena ini akan memperlihatkan kontras dengan bagian atas tubuh. Ingat, Anda seharusnya menciptakan keseimbangan tubuh.

* Jaket panjang adalah pilihan tepat, hindari yang berakhir di pinggang. Pastikan jaket lurus melebihi bagian pinggang, melewati bagian perut juga. Cari jaket single-breasted, karena jaket double-breasted hanya akan mempertegas bagian tengah Anda yang tebal.

* Carilah baju atasan yang berstruktur dan tidak pas badan. Cari yang berpotongan lurus, atau blus dari sutera. Kedua hal ini akan menyembunyikan bagian tengah tubuh Anda. Hindari pakaian ketat karena akan mengaksentuasi area perut Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com