Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Penggunaan Kertas Minyak Picu Jerawat?

Kompas.com - 12/08/2016, 19:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Bagi kebanyakan wanita muda, salah satu kondisi kulit yang cukup menyebalkan adalah berminyak. Selain terasa tidak nyaman, minyak dapat membuat debu menempel dan menyebabkan jerawat.

Sayangnya, sering kali wanita dengan kulit berminyak menganggap kertas minyak sebagai solusi.

"Sering kali orang menggunakan kertas minyak dan lupa bahwa wajahnya tersebut kotor," ujar dr Eddy Karta, SpKK, dalam acara peluncuran produk terbaru dari Pond’s di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Menurut dia, penggunaan kertas minyak pada wajah ini boleh saja asalkan orang yang menggunakannya sadar bahwa wajahnya masih kotor.

Sebab, jika menggunakan kertas minyak dengan cara yang tidak benar, atau terlalu ditekan, itu akan membuat kotoran masuk ke dalam pori-pori dan berujung pada komedo hitam yang merupakan cikal bakal jerawat.

Selain kertas minyak, menurut dr Eddy, kosmetik atau riasan wajah yang masuk ke pori-pori juga bisa menyebabkan komedo hitam.

"Kertas minyak itu boleh, cuma jangan terlalu ditekan karena tujuannya kan untuk menyerap minyak. Jadi, sebenarnya tidak dilarang, tetapi hanya boleh ditempel," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com