Kompas.com - 28/04/2017, 07:13 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kelelahan karena kurang tidur tidak hanya membuat Anda grogi atau sulit berkonsentrasi, tapi juga membuat berkurangnya rasa empati.

Empati termasuk dalam emosi dasar yang dimiliki manusia, selain kebahagiaan, kejutan, ketakutan, kesedihan, rasa jijik, dan kemarahan.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, mereka yang kurang tidur masih tetap bisa mengenali jenis-jenis emosional sehingga masih dapat mengenal rasa marah atau pun takut. Namun, mereka menunjukkan penurunan dalam kemampuan mengenali rasa bahagia atau sedih.

"Otak kita terprogram untuk bertahan hidup. Jadi, meski saat kurang tidur sistem otak yang ada membuat kita tetap hidup masih tetap aktif. Dan jika ada yang harus dimatikan, maka itu adalah aspek sosial,” kata William Scott Killgore yang memimpin studi ini.

Salah satu efek nyata yang mungkin kita rasakan mungkin adalah kesalahpahaman yang timbul karena keliru membaca emosi. Belum lagi perselisihan yang mungkin terjadi karena kurang tidur juga membuat kita mudah marah dan tersinggung.

Killgore menguji 29 pria dan 25 wanita yang diminta menganalisis serangkaian perubahan ekspresi wajah di komputer yang menunjukkan emosi dasar. Lalu, mereka dibiarkan tetap terjaga selama 61 jam. Para peneliti menguji kemampuan analisis emosi para responden sebelum kurang tidur, saat kurang tidur, dan setelah 12 jam tidur pemulihan.

Killgore mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah di rumah dan di tempat kerja. Dalam situasi apa pun, kita harus bisa membaca emosi orang lain, terutama orang terdekat secara akurat. Jadi, bayangkan apa akibatnya bila kemampuan itu terganggu karena sering begadang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.