Batik, Pelepas Belenggu Pernikahan Anak di Desa Gedangsari...

Kompas.com - 15/12/2017, 13:00 WIB
Salah satu siswi di SMKN 2 Gedang Sari, Kampung Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta sedang melakukan aktivitas membatik. KOMPAS.com/ ENI MUSLIHAHSalah satu siswi di SMKN 2 Gedang Sari, Kampung Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta sedang melakukan aktivitas membatik.
|
EditorGlori K. Wadrianto

GEDANGSARI, KOMPAS.com - Pagi itu, hujan rintik membasahi Kampung Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Tak terkecuali di SMKN 2 Gedang Sari.

Meski cuaca kurang mendukung, sekelompok siswa tetap asyik mengukir motif batik di atas kain polos dengan jemari lentur mereka.

"Biasanya kalau hujan begini tidak ada aktivitas membatik, tapi ada sebagian kelompok yang belum menyelesaikan tugasnya."

Begitu penuturan salah satu guru SMKN 2 Gedangsari Kusnanti yang ditemui pada awal Desember 2017 lalu.

Motif yang terukir pada kain tersebut bertemakan alam. Motif alam dianggap paling menarik untuk diungkap, karena Gedangsari terkenal dengan keelokan alamnya.

Di tempat lainnya, sekelompok murid sibuk memberikan pewarnaan dasar pada kain yang sudah terangkai penuh ukiran tulis batik.

Baca juga : Menengok Perjalanan Batik Danar Hadi di Solo

"Pada pewarna kain menggunakan pewarna alami untuk memperkuat karakteristik batik buatan siswa," ujar Kus lagi.

Sambil menunggu hujan reda, kelompok siswa lain melakukan aktivitas menggambar busana.

Ada pula yang merancang potongan-potongan dasar untuk sebuah baju yang berkelas.

Begitulah aktivitas yang terlihat di sejumlah ruang kelas di SMKN 2 Gedangsari di Desa Tegalrejo.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X