Kompas.com - 25/01/2018, 13:52 WIB
Ilustrasi berenang moodboardIlustrasi berenang
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Selain baik untuk kesehatan jantung, renang juga ampuh menurunkan berat badan dengan risiko cedera yang rendah.

Namun, dari keempat gaya renang, ada satu gaya paling ampuh yang bisa menurunkan berat badan. Kira-kira yang mana ya?

Gerakan renang melibatkan banyak sekali gerakan otot. Kerja jantung dan paru pun jadi lebih keras ketika melakukan olahraga di dalam air. Tidak mengherankan jika renang bisa membakar banyak kalori. Berat badan pun bisa turun.

Pembakaran kalori renang tergantung dari gaya yang dilakukan, jarak, dan juga kecepatan. Itu artinya semakin jauh kamu berenang, tentunya kalori yang terbakar lebih banyak.

Sama halnya dengan kecepatan. Semakin cepat kita berenang dengan teknik yang benar, maka kalori pun bisa terbakar lebih banyak lagi. Jika dianggap jarak dan kecepatannya sama, ini dia perbandingan pembakaran kalori berdasarkan tiap gaya renang.

Baca juga : Terkuak...Ini Alasan Renang Jadi Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

Gaya katak (gaya dada)

Ilustrasi berenang gaya dadaMike Watson Images Ilustrasi berenang gaya dada
Mungkin kita paling sering melihat orang berenang dengan gaya yang sering disebut gaya katak ini. Ketika melakukan gaya ini, otot-otot tubuh bagian atas maupun bawah akan sama aktifnya.

Saat melakukan tarikan tangan gaya ini ke depan dada sepenuh tenaga, kita menggerakan otot pectoralis, yakni otot yang berada di bagian dada. Termasuk juga, otot-otot di lengan seperti otot bisep.

Setelah menarik tangan ke depan dada, kita harus mendorong tangan Anda kembali ke depan dengan posisi yang lurus. Dorongan  ini memerlukan keterlibatan otot bahu, dada, dan trisep.

Secara bergantian dengan tangan, kaki pun digerakan. Otot bagian bawah yakni kaki, bokong, paha akan terlibat dalam gerakan gaya dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X