Kompas.com - 13/02/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Meski sudah merasa nyaman, tapi jangan lupa kalau perlengkapan olahraga itu juga ada "umunya" dan perlu dipensiunkan ketika tiba waktunya.

Memakai perlengkapan olahraga yang sudah kendur atau bahannya mulai kasar bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat dipakai, bahkan menyebabkan iritasi kulit.

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti pakaian olahraga kita dengan yang baru.

Bra olahraga
Masa pakai bra olahraga rata-rata 6 bulan sampai setahun. Menurut pakar style and fit Jenny Altman, kita perlu mengganti bra olahraga ketika ukurannya berubah, kendur, atau sobek.

Agar bra olahraga tidak cepat usang sebelum waktunya, jangan cuci dengan mesin cuci. Selain itu, segeralah cuci bra setelah dipakai berolahraga karena keringat dan deodoran yang menumpuk bisa merusak bahan bra.

Legging
Masa pakai celana ketat ini tergantung pada pemakaian dan kualitasnya, tetapi rata-rata setelah 2 tahun, bahannya akan kendur. Legging yang mengkompresi cenderung lebih cepat kendur karena serat elastisnya sering meregang ketika dipakai.

Agar legging kita lebih awet, Altman merekomendasikan untuk memilih produk yang mengandung spandek dan lebih banyak nilon ketimbang katun. Selain itu, cucilah legging dengan air dingin dan cukup diangin-anginkan.

(Baca juga: Tren Kebugaran Paling Populer di 2018)

- Sepatu olahraga
Menurut Clara Kerley, spesialis produk sepatu ASICS America, mayoritas sepatu lari didesain untuk tetap nyaman dipakai 500 km sampai 800 km. Karena itu, umur sepatu sangat tergantung kualitasnya dan seberapa sering dipakai.

Kerley menyebutkan ciri-ciri sepatu olahraga kita perlu diganti, yaitu ketika sol karet sepatu tak lagi menempel dengan baik ke busa, bagian busa di bagian sol berkerut, sepatu cenderung miring ke satu sisi saat menapak di permukaan yang rata, atau ada lubang di bagian atas jari-jari kaki.

- Pakaian senam
Dibandingkan dengan perlengkapan olahraga lainnya, pakaian senam cenderung lebih awet. Walau begitu, jika bahannya lebih muda berbau saat berkeringat, mungkin ini waktunya untuk mengganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sproteluxe
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.