Diet DASH Tak Cuma Atasi "Lemak", tapi Juga Depresi, Benarkah?

Kompas.com - 27/02/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi depresi SIphotographyIlustrasi depresi

KOMPAS.com - Riset baru menunjukan bahwa pola makan sehat tidak hanya baik bagi kondisi fisik seseorang, tetapi juga mampu memperbaiki kondisi kesehatan mental.

Periset meneliti 1.000 peserta dengan usia rata-rata berusia 80an tahun, selama 6,5 tahun.

Periset juga memantau para peserta untuk gejala depresi yang umum, seperti merasa terganggu atas hal-hal tertentu -padahal dulu tidak, dan rasa kehilangan harapan akan masa depan.

Para peserta juga diharuskan menyediakan data tentang hal-hal seperti seberapa sering mereka memakan jenis makanan tertentu.

Para periset juga mengamati pola diet -seperti diet DASH, diet mediterania dan traditional western diet - yang dilakukan oleh peserta.

Baca juga: Mengapa Diet DASH Selalu Terpilih sebagai Diet Terbaik?

Dalam riset tersebut, para peneliti juga membagi peserta menjadi tiga kelompok berdasarkan pola diet yang mereka terapkan.

Hasilnya, periset menemukan bahwa mereka yang menghindari konsumsi daging merah, lemak jenuh, gula dan memilik konsumsi sayur, buah dan biji-bijian memiliki risiko lebih kecil, untuk mengalami depresi. 

Angka capaiannya hingga 11 persen.

Sementara, mereka yang mengonsumsi tinggi lemak jenuh, daging merah, dan kurang mengonsumsi sayur dan buah berisiko tinggi untuk menderita depresi.

" Depresi umum terjadi pada orang dewasa yang berusia lanjut dan lebih sering pada orang dengan masalah memori."

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Techtimes
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X