Kompas.com - 23/03/2018, 09:27 WIB
Ilustrasi keluarga bahagia DragonImagesIlustrasi keluarga bahagia
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu punya saudara perempuan dalam keluarga? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bagi seorang anak perempuan, memiliki saudara perempuan ternyata membuat ia lebih bahagia. Benarkah demikian?

Mungkin saat masih kecil, dua anak perempuan atau lebih dalam keluarga bisa saling rebut pakaian atau bertengkar. Namun, ternyata menurut penelitian, saudara perempuan memegang peran vital dalam kebahagiaan sebuah keluarga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Ulster dan De Montfort University di Leicester, Inggris, selain membuat lebih bahagia, saudara perempuan juga membuat seseorang menjadi lebih berpikir positif.

"Para saudara perempuan cenderung saling terbuka dalam komunikasi dan kompak dalam keluarga," ujar Profesor Tony Cassidy soal temuan tersebut.

Tapi, bukan berarti keluarga dengan anak-anak laki-laki selalu buruk. Meskipun penelitian mengungkapkan bahwa keluarga dengan anak laki-laki tidak sebahagia mereka dengan anak perempuan.

"Para saudara laki-laki memiliki efek alternatif. Ekspresi emosional sangat mendasar terhadap kesehatan psikologis dan memiliki saudara perempuan akan menguatkannya," kata dia.

Profesor Tony menambahkan, dalam keluarga, laki-laki cenderung malas berbicara. Dengan adanya sejumlah anak laki-laki dalam keluarga, mereka akan seolah "berkonspirasi" untuk sama-sama tidak membangun percakapan. Sedangkan perempuan sering kali memecahkan kediaman itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, penelitian tersebut hanya mengikutsertakan 571 orang sehingga mungkin saja ada hasil yang berbeda dari temuan lain di budaya dan tempat berbeda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X