Kompas.com - 26/03/2018, 10:17 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat sampai dewasa pasti tak asing dengan asam salisilat. Ya, senyawa ini biasanya terkandung di beberapa label produk pembersih wajah atau sabun untuk orang yang mengalami masalah jerawat.

Tapi, apakah kamu tahu apa dan mengapa asam salisilat baik bagi kulit berjerawat?

Dikutip dari Men's Health, asam salisilat merupakan beta hydroxy acid (BHA), yang berarti larut dalam minyak dan dapat membersihkan jauh hingga ke dalam pori-pori. 

Asam ini  juga dikenal sebagai keratolytic agent, yang punya kemampuan membantu eksfoliasi kulit.

"Karena sifat-sifat ini, produk perawatan dengan asam salisilat dapat berguna untuk banyak masalah kulit seperti jerawat, ketombe, atau psoriasis,” kata Sonia Batra, dokter spesialis kulit di California.

Untuk mengobati jerawat, kemampuan zat ini untuk eksfoliasi dapat membuka pori-pori tersumbat dan memungkinkan asam salisilat untuk membunuh bakteri yang mungkin berada lebih dalam di kulit.

Asam salisilat sendiri umunya ditemukan dengan produk berbentuk gel, salep atau lotion topikal, bahan aktif dalam pembersih wajah.

Asam salisilat berbeda dengan benzoyl peroxide, meskipun sama-sama dipakai untuk perawatan wajah.

“Asam salisilat menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori, sementara benzoyl peroxide membunuh bakteri dalam pori-pori,” jelas Batra.

Ada beberapa keuntungan mengapa asam salisilat lebih dipilih daripada benzoyl peroxide, terutama jika rentan terhadap kulit sensitif atau kering.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.