Kompas.com - 20/04/2018, 17:43 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pesta pernikahan terus berkembang. Pernikahan ala negara Barat yang menghadirkan bridesmaid atau pengiring pengantin dalam beberapa tahun terakhir disukai para pasangan pengantin generasi milenial.

Bridesmaid merupakan tren yang datang dari budaya barat. Jumlah braidsmaid biasanya tak lebih dari 10 orang.

Di Indonesia, biasanya pihak yang menjadi bridesmaid adalah kerabat dekat atau sepupu dari mempelai wanita.

"Ada juga yang lucu. Bridesmaid datang dari budaya barat, yang membantu pengantin. Di luar negeri paling enggak tiga, empat orang paling banyak. Sementara di Indonesia bridesmaid bisa sampai 30-50 orang," kata Bussiness Manager sekaligus Co-Founder The Bride Dept, Friska Ruslim dalam konferensi pers "Bride's Day Out" di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta, Kamis (20/4/2018).

Friska menambahkan, para mempelai wanita tak tanggung-tanggung dalam memfasilitasi bridesmaid-nya. Tak jarang, para calon mempelai wanita memiliki mood board khusus untuk mengatur detail pernikahannya termasuk peran bridesmaid.

Misalnya, dalam hal seragam. Para bridesmaid dianggap sebagai bagian dari keluarga dan diberikan warna seragam yang senada dengan pihak keluarga inti.

"Misalnya ibunya pakai warna merah, bridesmaid-nya dikasih turunan merah itu seperti pink tua atau merah maroon. Jadi pengantin itu pintar banget sekarang bikin mood board yang sampai kepikiran banget," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari detail aksesori, para mempelai wanita juga menyeragamkan aksesori para bridesmaid dengan perhiasan mereka. Misalnya dalam konsep tradisional, Friska mencontohkan ada mempelai wanita yang menggunakan tema tradisional khas Minang dengan hiasan suntiang di kepalanya.

Para bridesmaid juga diberikan suntiang dengan ukuran kecil.

Pada Bride's Day Out 2018 akan diadakan sejumlah workshop terkait persiapan pernikahan, salah satunya make up class.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.