Kompas.com - 04/05/2018, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Bukanlah hal yang tidak umum bagi perempuan kehilangan berat badan justru di masa kehamilan. Penyebabnya bisa berbagai faktor.

Sebenarnya, penambahan berat badan di masa kehamilan merupakan hal lumrah, dan berperan dalam memberikan cadangan energi bagi si ibu.

Cadangan energi tersebut, seperti disebutkan dalam artikel di laman Babycenter, bisa berupa timbunan lemak, yang kelak dibutuhkan ketika si ibu menjalani masa persalinan dan menyusui

Namun biasanya, di saat tubuh sudah memiliki cadangan energi yang cukup, maka tubuh akan menyesuaikan dengan sendirinya. 

Dengan demikian, semakin tua usia kandungan, akan semakin sedikit pertambahan bobot tubuh pada si ibu.

Bahkan, dalam beberapa kasus ibu yang mengandung kehilangan berat badan pada trisemester pertama, untuk kemudian bertambah gradual di trisemester ke dua dan ke tiga.

Baca juga: Manfaat Semangka untuk Kehamilan Sehat

Selain itu, tubuh pun memerlukan kalori lebih banyak di masa kehamilan. Sehingga, jika seorang ibu mengubah pola dietnya, maka ada kemungkinan dia akan kehilangan berat badan.

Prioritas tubuh ibu hamil adalah memberikan nutrisi pada bayi di dalam kandungannya.

Ketika kebutuhan kalori seorang ibu semakin meningkat, dan asupannya tak seimbang, maka tubuh akan menggunakan simpanan lemak, yang pada akhirnya mengakibatkan penyusutan berat badan. 

Ada banyak perempuan kehilangan berat badan pada kehamilan di trisemester pertama. Hal ini salah satunya disebabkan gejala morning sickness, yang menyebabkan ibu hamil muntah atau kehilangan berat badan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BABYCENTER
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.