Gaya Hidup Wanita Usia 20an yang Berpotensi Memicu Penyakit

Kompas.com - 23/05/2018, 19:00 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Saat memasuki usia 20 tahun, sulit untuk menerima kenyataan bahwa penyakit-penyakit yang biasa menjangkit orang tua mungkin juga kita alami.

Faktanya, banyak kebiasaan di usia 20an yang memiliki dampak kesehatan jangka panjang, misalnya saja hobi begadang, malas minum air putih, atau tak tertarik berolahraga.

Oleh karena itu, penting untuk menyadari perlunya gaya hidup sehat sejak dini dan melakukn pencegahan.

Pimpinan dokter di Klinik Kesehatan Bupa, Dr Luke Powles mengingatkan pentingnya melihat kondisi kesehatan kita saat ini, ketimbang menerima konsekuensi kesehatan di 20 atau 30 tahun mendatang.

"Masalah kesehatan cenderung berkembang pada udia 40 atau 50 ke atas sehingga usia sebelum itu sangat penting," kata Dr. Luke kepada Cosmopolitan UK.

Meski penyakit jantung atau kanker jarang dialami orang usia muda, ada kebiasaan-kebiasaan yang diasosiasikan dengan penyakit tersebut. Kebiasaan tersebut bisa menjadi masalah di kemudian hari jika tidak diubah.

Berikut daftar penyakit yang berisiko dialami perempuan usia 20an dan bagaimana mencegahnya memburuk di kemudian hari:

1. Melanoma

Dr. Luke menyebutkan, melanoma merupakan kanker kulit paling berbahaya yang bisa menyerang di usia dewasa berapapun. Seiring bertambahnya umur, risiko tersebut meningkat.

"Saat kita muda, kulit kita mungkin terpapar matahari lebih sering dan lebih lama. Paparan sinar ultraviolet yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kerusakan DNA di sel kulit kita," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X