Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2018, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Walau tidak memiliki pendidikan di dunia mode, Maria Anggraini, pendiri merek fashion This Is April, sukses mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Merek lokal ini pun siap meluaskan pasar ke Asia Tenggara.

Maria pada awalnya mengelola restoran. Wanita lulusan sekolah perhotelan ini tertarik dengan bisnis fashion karena menyukai gaya busana wanita-wanita muda yang ia lihat saat traveling ke luar negeri.

"Saya lihat kok gaya bajunya bagus-bagus dan sulit menemukan yang seperti itu di sini," ujar Maria saat berbincang dengan Kompas.com di salah satu tokonya di Mal Kota Kasablanka Jakarta (24/5).

Ketika menemani suaminya ke China tahun 2011, Maria berkesempatan bertemu dengan beberapa pemilik pabrik pakaian di sana. Ia pun memiliki ide untuk membuat bisnis fashion.

"Awal bisnis ini di tahun 2012. Semua baju saya yang desain, dijahitnya di pabrik di China," kata wanita berusia 37 tahun ini.

Founder & CEO This Is April, Maria AnggrainiDok This Is April Founder & CEO This Is April, Maria Anggraini
This Is April (TIA) saat ini menjadi salah satu merek busana lokal ready to wear yang populer karena modelnya yang kekinian dan harganya terjangkau.

"Ciri khas kami memang selalu mengikuti tren, nyaman dipakai, easy to mix and match, dan yang terpenting affordable," kata Maria.

Dengan tim kreatif yang dimilikinya, menurut Maria saat ini TIA mampu mengeluarkan 30 model pakaian baru setiap minggunya.

Ditambahkan oleh Marketing Communications Manager This Is April, Jasmine Jawie, konsumen This Is April pada umumnya loyal dengan merek ini.

"Bisnis kami memang fast fashion. Barang-barang yang dijual juga cepat sekali habisnya, terkadang harus re-stock lagi. Konsumen juga hapal mana saja yang model baru dan yang lama," kata Jasmine, dalam kesempatan yang sama.

Kemudahan untuk padu padan yang menjadi ciri brand ini, menurut Maria, menjadi kunci mengapa TIA memiliki pasar yang luas.

"Mulai dari remaja sampai ibu muda masih bisa pakai. Yang berhijab pun bisa pakai karena rata-rata modelnya memang loose, jadi tinggal tambahkan hijab saja," tutur Maria.

Dari online

Nama This Is April ternyata merujuk kepada bulan diluncurkannya bisnis fashion ini.

"Persiapan bisnis ini dimulai sekitar akhir tahun 2011. Waktu itu saya kira-kira semua akan siap bulan April, jadi saya pakai saja jadi merek. Kebetulan saya dan anak saya lahir di bulan April," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com