Kompas.com - 17/07/2018, 06:06 WIB
ilustrasi pasangan tua jacoblundilustrasi pasangan tua
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak ada orang yang tahu persis sampai seberapa lama kita bisa hidup di dunia. Namun, kamu bisa melakukan banyak cara supaya bisa berumur panjang dan sehat selalu.

Olahraga dan makan makanan sehat? Ah, itu sudah biasa! Beragam aktivitas seru dan menyenangkan di bawah ini juga sama baiknya, kok, untuk membantu memperpanjang usia. Apa saja?

1. Tidur

Tidur adalah aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah kecapekan seharian beraktivitas. Orang dewasa pada umumnya butuh tidur 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatannya.

Sayangnya, banyak orang yang justru kekurangan waktu tidur. Padahal, tidur meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga kita lebih berstamina.

Tidur cukup juga membantu kita lebih panjang umur dengan menjauhkan tubuh dari berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung, serta mencegah penuaan dini.

Baca juga: Bahaya Lain Kurang Tidur, Memperpendek Umur

2. Bermain dan berolahraga bersama

Ilustrasi pria dewasa bermain skateCreatas Ilustrasi pria dewasa bermain skate
Kamu malas berolahraga karena tidak ingin keringatan sendirian? Padahal, olahraga bisa membantu agar panjang umur.

Rutin berolahraga menyehatkan jantung dan paru, meredakan stres dan menjauhkan dari risiko gangguan mental, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu memperbaiki postur tubuh supaya terhindari dari cedera dan pegal linu.

Kalau enggan berolahraga sendirian, carilah aktivitas fisik berkelompok dengan jenis latihan yang mirip permainan atau kompetisi. Misalnya seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau crossfit dan boot camp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X