Kompas.com - 31/07/2018, 07:16 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan "bermecin" alias asin menjadi salah satu hidangan yang paling sulit dihindari bagi sebagian orang. Tak sedikit pula yang berjuang menghindari makanan manis.

Meskipun sudah mengetahui bahwa konsumsi makanan asin dan manis dalam jumlah berlebihan tidak baik, namun masih saja banyak orang tak bisa mengerem nafsu makannya.

Nah, ada lima tips yang bisa kamu ikuti untuk meminimalisasi konsumsi makanan asin dan manis agar hidup lebih sehat:

1. Jaga tubuh tetap kenyang sepanjang hari

Ilustrasi sarapanGeorgeRudy Ilustrasi sarapan
Lupakan dulu dietmu. Ahli diet Anna Taylor, MS, RD, LD menyarankan kita fokus terlebih dahulu membentuk pola makan yang sehat dengan porsi terkontrol dan makanan kaya gizi.

Pastikan kebutuhan kalori tubuh terpenuhi. Makan secara rutin sepanjang hari akan membantu kita mengontrol rasa lapar. "Jangan pernah melewatkan makan," kata dia. 

Ahli diet lainnya, Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD menganjurkan kita untuk menjaga konsistensi waktu makan dan cemilan.

"Makanlah sarapan dalam satu atau dua jam setelah bangun tidur dan jaga waktu antarmakan tak lebih dari empat hingga enam jam," ujarnya.

Adapun ahli diet Jennifer Willoughby, RD, CSP, LD menyarankan agar makanan kaya protein disertakan di setiap waktu makan dan cemilan. Ini akan membntu menjaga kita tetap kenyang.

Jika masih ingin mengkonsumsi makanan asin dan manis, pilihlah yang memiliki nilai nutrisi. Seperti cracker biji-bijian utuh, kacang, buah segar, yoghurt polos dengan buah, atau dark chocolate dengan 70 persen kakao.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.