Kurangi Nafsu Makan dengan Minum Susu Setiap Pagi - Kompas.com

Kurangi Nafsu Makan dengan Minum Susu Setiap Pagi

Kompas.com - 22/08/2018, 15:00 WIB
Susu sapiAntonio Balaguer soler Susu sapi

KOMPAS.com - Minum segelas susu di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengurangi nafsu makan di sepanjang hari.

Sebuah studi bahkan mengungkap, konsumsi susu di waktu sarapan bisa menurunkan kadar glukosa darah dan sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2.

Lebih jauh, sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Dairy Science ini menemukan, konsumsi susu tinggi protein di pagi hari mampu mereduksi nafsu makan pada waktu makan siang.

Hal itu bisa sekaligus menurunkan risiko obesitas.

Baca juga: Mungkin Obesitas Tak Selalu Buruk

Para peneliti dari University of Guelph, Kanada kemudian mempelajari efek dari minum susu tinggi protein pada waktu sarapan, jika dikonsumsi bersama sereal tinggi karbohidrat.

Mereka menemukan, kebiasaan tersebut mampu menurunkan angka glukosa darah partisipan serta membuat mereka merasa kenyang sepanjang hari.

Peneliti tersebut juga mengubah rasio whey dan kasein pada tes berbeda untuk mempelajari apakah ada perubahan efek.

Adapun whey dan kasein adalah dua tipe protein yang paling umum ditemukan pada susu.

Hasilnya, proses pencernaan protein whey membuat orang kenyang lebih cepat. Sedangkan protein kasein membuat mereka kenyang lebih lama.

Selain itu, minum susu pada pagi hari mampu melepaskan hormon-hormon yang memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa lapar.

Baca juga: Makan Berkali-Kali tapi Masih Lapar? Ini 8 Faktor Penyebabnya...

"Studi ini mengonfirmasi pentingnya minum susu pada waktu sarapan untuk membantu proses pencernaan karbobidrat yang lambat dan menurunkan angka gula darah," kata pemimpin studi, Dr Douglas Goff.

Penelitian tersebut juga menemukan, minum susu pada waktu sarapan bersama dengan makanan tinggi karbohidrat bisa membantu mereduksi level gula darah dan nafsu makan berlebih.

Goff meyakini temuan tersebut bisa sangat membantu untuk mengimbau orang-orang rajin minum susu setiap pagi sebagai bentuk mengontrol nafsu makan.

Sebab, jika tak terkontrol, nafsu makan berlebih bisa membuat seseorang mengalami obesitas.

Angka penyakit metabolik meningkat pada skala global. Diabetes tipe 2 dan obesitas kemudian menjadi perhatian khusus seluruh dunia.

"Hal itu menjadi motivasi untuk membangun starategi pola makan khusus untuk mengurangi risiko tersebut agar setiap orang memiliki kesehatan yang lebih baik," kata dia.



Close Ads X