Kompas.com - 22/08/2018, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Minum segelas susu di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengurangi nafsu makan di sepanjang hari.

Sebuah studi bahkan mengungkap, konsumsi susu di waktu sarapan bisa menurunkan kadar glukosa darah dan sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2.

Lebih jauh, sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Dairy Science ini menemukan, konsumsi susu tinggi protein di pagi hari mampu mereduksi nafsu makan pada waktu makan siang.

Hal itu bisa sekaligus menurunkan risiko obesitas.

Baca juga: Mungkin Obesitas Tak Selalu Buruk

Para peneliti dari University of Guelph, Kanada kemudian mempelajari efek dari minum susu tinggi protein pada waktu sarapan, jika dikonsumsi bersama sereal tinggi karbohidrat.

Mereka menemukan, kebiasaan tersebut mampu menurunkan angka glukosa darah partisipan serta membuat mereka merasa kenyang sepanjang hari.

Peneliti tersebut juga mengubah rasio whey dan kasein pada tes berbeda untuk mempelajari apakah ada perubahan efek.

Adapun whey dan kasein adalah dua tipe protein yang paling umum ditemukan pada susu.

Hasilnya, proses pencernaan protein whey membuat orang kenyang lebih cepat. Sedangkan protein kasein membuat mereka kenyang lebih lama.

Selain itu, minum susu pada pagi hari mampu melepaskan hormon-hormon yang memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa lapar.

Baca juga: Makan Berkali-Kali tapi Masih Lapar? Ini 8 Faktor Penyebabnya...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.