10 Strategi Ampuh untuk Mengatasi Keringat Berlebih

Kompas.com - 10/09/2018, 15:13 WIB
Ilustrasi berkeringatAntonioGuillem Ilustrasi berkeringat

KOMPAS.com - Apakah kamu tipe orang mudah sekali berkeringat? Atau mungkin punya masalah kesehatan tertentu seperti hiperhidrosis. Bisa juga kamu mudah gugup dan stres sehingga sering muncul keringat berlebih.

Apa pun alasannya, keringat berlebih memang sangat mengganggu dan bikin tidak percaya diri. Jangan khawatir, berikut adalah sepuluh cara ampuh untuk mengatasi keringat berlebih.

1. Pakai antiperspirant

Kalau pakai deodoran biasa tidak mempan mencegah keringat berlebih, coba pakai deodoran mengandung antiperspirant lebih kuat yang dijual di apotek atau toko obat. Kamu bahkan bisa mendapatkan produk khusus yang diresepkan dokter kalau memang butuh deodoran yang formulanya lebih manjur.

Pastikan selalu membawa antiperspirant di tas. Kamu juga sebaiknya tak lupa memakainya sebelum tidur. Di malam hari produksi keringat tidak sebanyak di siang hari. Dengan begitu, antiperspirant akan lebih cepat diserap kulit dan kelenjar keringat sehingga efeknya lebih manjur.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Mengatasi Keringat Berlebih

2. Hindari makanan pedas

Kamu suka makan makanan pedas? Sebaiknya mulai sekarang batasi konsumsi makanan pedas yang bisa meningkatkan produksi keringat berlebih. Apalagi kalau sedang gugup, stres, atau cemas.

3. Pakai baju tipis yang menyerap keringat

Baik untuk tidur, bepergian, maupun saat berolahraga, pastikan bajumu dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Misalnya baju dan celana dari katun.

Usahakan untuk memilih baju dari 100% katun asli karena kemampuannya menyerap keringat sangat baik. Hindari pakaian dari bahan sintetis atau polyester yang tidak bisa menyerap kelembapan.

Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Mudah Berkeringat Banyak?

4. Pilih pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat akan membuat tubuh dan kulit sulit “bernapas”. Maka, sebaiknya pilih pakaian yang pas atau agak longgar di badan. Terutama kalau kamu harus pakai baju beberapa lapis.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X