Kompas.com - 18/10/2018, 15:11 WIB
wanita bahagia evgenyatamanenkowanita bahagia

KOMPAS.com - Ternyata, ada banyak hal yang setiap hari kita lakukan sebenarnya dapat merusak kesehatan. Riset membuktikan, memeriksa email pekerjaan saat berada di rumah buruk untuk tekanan darah kita.

Tapi, itu bukan satu-satunya kebiasaan buruk yang merusak kesehatan kita.

Duduk bersila, tidak mencuci salad sebelum menyimpannya dan bermalas-malasan saat akhir pekan juga berdampak buruk pada kesehatan.

Demi kesehatah, para peneliti menyarankan kebiasaan tersebut sebaiknyar kita hilangkan. Laman Mirror merangkum 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Berikut 10 kebiasaan tersebut.

1. Memeriksa email saat malam

Banyak dari kita yang melakukannya. Padahal, terus-menerus memantau pesan-pesan pekerjaan saat di rumah tidak baik untuk kesehatan kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti di Universitas Lehigh dan Colorado State, AS menemukan orang yang memeriksa email kerja saat tidak bertugas mengalami stres terbesar dan memiliki tingkat kesehatan rendah.

Lebih buruk lagi, hal ini juga berdampak bagi anggota keluarga kita. Kebiasaan ini membuat pasangan dan anak-anak lebih tertekan.

Untuk mengatasinya, atur waktu sebaik mungkin. Misalnya, tetapkan pukul 6 sore sebagai waktu terakhir untuk melihat email.

Sedangkan bagi para pimpinan, buatlah pengaturan waktu kerja untuk memastikan setiap karyawan mendapatkan waktu luang saat malam.

Baca juga: Demi Orang Terkasih, Hindari Mengecek Email Usai Pulang Kantor

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.