8 Trik Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Kompas.com - 29/10/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi bandara Thinkstockphotos.comIlustrasi bandara
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada berbagai macam ketakutan yang dimiliki oleh orang. Ada yang takut pada laba-laba, takut ketinggian, takut ruang sempit, bahkan takut naik pesawat.

Ketakutan berasal dari konsep pikiran kita tentang suatu hal. Rasa takut yang berlebihan dapat menghambat keberlangsungan hidup kita. Oleh sebab itu, ketakutan harus diatasi.

Kuncinya adalah dengan mengetahui jenis ketakutan yang kita miliki, apa yang memicu ketakutan tersebut di masa lalu, dan belajar bagaimana melawannya.

Pernahkah kamu mengalami rasa takut ketika akan naik pesawat? Takut terbang adalah ketakutan yang paling umum, hampir semua orang mengalami ketakutan pada pengalaman terbang pertama kalinya. Bahkan ada juga yang mengalaminya setiap kali akan naik pesawat.

Setiap orang mengalami tingkat ketakutan saat terbang yang berbeda-beda, sehingga ada beberapa orang yang mengatasinya dengan cara mengonsumsi alkohol dan obat penenang selama perjalanan udara. Adakah cara lain untuk mengatasinya?

Baca juga: 7 Kiat Berpakaian di Pesawat Demi Keselamatan dan Kesehatan

Apa yang menyebabkan munculnya rasa takut ketika terbang?

Beberapa orang memiliki banyak kecemasan dalam hidupnya. Ketika akan naik pesawat, sudah banyak pikiran-pikiran yang melintas, seperti takut jika pesawat mengalami masalah di tengah perjalanan, takut pesawat jatuh, atau terjadi kecelakaan lain.

Pada kasus tertentu, ditemukan juga yang mengalami penyesalan dan kebingungan ketika mereka berhasil melalui penerbangan tanpa hambatan.

Kita harus mengetahui jenis ketakutan tersebut, apakah ketakutan tersebut hanya muncul sesaat, atau muncul sepanjang penerbangan.

Jika kemunculan tersebut berulang, mungkin kamu mengalami fobia. Kondisi tersebut termasuk salah satu tipe dari gangguan kecemasan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X