Berpotensi Membahayakan Anak, 6 Tempat Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Kompas.com - 16/11/2018, 11:36 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain di luar rumah Thinkstock/gpointstudioIlustrasi anak-anak bermain di luar rumah

KOMPAS.com – Anak- anak terutama yang masih berusia di bawah 10 tahun membutuhkan perhatian lebih, terutama dari orangtua. Sebab, mereka masih belum memiliki pengetahuan yang matang mengenai hal-hal yang membahayakan diri mereka sendiri.

Kerap kali anak-anak mengalami kecelakaan, bahkan hingga kehilangan nyawa, karena pengawasan yang tidak dilakukan dengan maksimal.

Orangtua memiliki kewajiban untuk mengawasi gerak-gerik anaknya, dengan cara apa pun. Kejadian anak meninggal karena lepas dari pengawasan orang dewasa sudah kerap terjadi di berbagai tempat.

Namun, ada tempat-tempat tertentu yang penting bagi orangtua untuk  meningkatkan pengawasan. Berikut sejumlah tempat yang perlu diwaspadai.

Tempat air

Pantai, sungai, kolam ikan, kolam renang, atau tempat lainnya yang mengandung air, tidak aman untuk dijadikan tempat beraktivitas bagi anak-anak. Jika anak bermain di lokasi ini perlu pengawasan orangtua atau orang dewasa.

Anak-anak pada umumnya belum memiliki kemampuan menyelamatkan diri yang baik apabila berada di tengah bahaya.

Dengan demikian orangtua dituntut untuk memberikan perhatian ekstra terhadap buah hatinya jika berada di sekitar tempat-tempat yang berair.

Sejumlah peristiwa kecelakaan terjadi di lokasi ini, misalnya yang menimpa cucu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Selain itu, ada juga peristiwa bocah berusia 4,5 tahun di Bone yang ditemukan meninggal di dasar sebuah kolam renang.

Baca juga: Bocah 4,5 Tahun Ditemukan Tewas di Dasar Kolam

Mobil

Mobil berwarna perak ini menjadi barang bukti setelah Nong Yaem, bocah berusia lima tahun, tewas akibat kekurangan udara saat terkunci dalam mobil Senin (18/6/2018).Daily Mirror/Viral Press Mobil berwarna perak ini menjadi barang bukti setelah Nong Yaem, bocah berusia lima tahun, tewas akibat kekurangan udara saat terkunci dalam mobil Senin (18/6/2018).

Tidak hanya sekali dua kali kejadian anak meninggal di dalam mobil terjadi. Kondisi mobil yang ditinggalkan tidak dalam keadaan terkunci sangat mungkin untuk dimasuki seorang anak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X