Saran Michelle Obama untuk Meghan yang Hidup di Tengah Sorotan Publik - Kompas.com

Saran Michelle Obama untuk Meghan yang Hidup di Tengah Sorotan Publik

Kompas.com - 04/12/2018, 18:00 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berpartisipasi dalam pembukaan potret resmi lukisan mereka di Galeri Potret Nasional Smithsonian, 12 Februari 2018 di Washington DC, Amerika Serikat. (AFP/Mark Wilson) Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berpartisipasi dalam pembukaan potret resmi lukisan mereka di Galeri Potret Nasional Smithsonian, 12 Februari 2018 di Washington DC, Amerika Serikat. (AFP/Mark Wilson)

KOMPAS.com - Mantan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama, memberi nasihat pernikahan untuk Meghan Markle.

Michelle dan Barack Obama telah 26 tahun menjalani kehidupan rumah tangga. Dalam rentang waktu sepanjang itu pernikahan keduanya masih terlihat romantis.

Selain itu, sebagai wanita yang telah delapan tahun hidup di Gedung Putih, kehidupan rumah tangga Michelle selalu menjadi "makanan" media.

Jadi, tak salah jika diyakini perempuan ini memiliki pengalaman yang dalam mengenai seluk beluk dalam kehidupan pernikahan, di tengah sorotan publik.

Hal serupa juga dialami Meghan Markle. Sejak resmi menjadi The Duchess of Sussex, tentu saja kehidupan rumah tangga dia bersama Pangeran Harry selalu menjadi perhatian publik.

Untungnya, Meghan terlihat mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Kendati demikian, toh dalam menjalani pernikahan dengan mendapat sorotan publik tentu dipenuhi tekanan.

Itulah sebabnya, istri Barrack Obama ini berbagi cara untuk menghadapinya.

Michelle dan Meghan memiliki kehidupan rumah tangga yang mirip. Mungkin, kedua perempuan ini tak pernah berharap memiliki kehidupan yang selalu menjadi perhatian dunia.

"Seperti saya, Meghan mungkin tidak pernah bermimpi dia memiliki kehidupan seperti ini, dan tekanan yang datang dari berbagai arah tentu membebani pikiran," ucap Michelle.

Untuk itu, wanita 54 tahun tersebut menyarankan Meghan agar meluangkan waktu dan tak terburu-buru bereaksi.

Saat pertama kali tinggal di Gedung Putih, Michelle mengaku sangat mengkhawatirkan putri-putrinya.

Baca juga: Mempertahankan Pernikahan demi Anak, Apa Baik jika Dilakukan?

"Saya selalu memastikan mereka memulai awal yang baik di sekolah, dan mencari teman baru sebelum saya memulai pekerjaan yang lebih ambisius," ucapnya.

Ia mengatakan, apa yang dilakukannya itu adalah hal yang baik.

Aspek lain dari kehidupan publik yang Michelle sangat rasakan adalah mengambil proyek yang sangat dia minati.

Selama menjabat menyandang gelar First Lady, Michelle meluncurkan kampanye kesehatan publik "Let’s Move" untuk mendorong anak-anak menjadi lebih aktif, dan memerangi obesitas.

"Ada begitu banyak kesempatan untuk berbuat baik dengan bentuk seperti itu," papar ibu dua anak tersebut.

Menurut dia, Meghan bisa memaksimalkan pengaruhnya bagi orang lain, dan kebahagiaan pribadi, jika dia melakukan sesuatu yang beresonansi dengan dia secara pribadi.

Bulan lalu, Meghan bekerjasama dengan para wanita dari Hubb Community Kitchen di London barat.

Mereka berkolaborasi untuk membuat buku masak, di mana hasil penjualannya akan dipakai untuk kegiatan amal yang mendukung orang-orang yang terkena dampak kebakaran Grenfell.

Dalam kata pengantar buku tersebut, Meghan mengungkapkan pentingnya orang-orang dari latar belakang yang berbeda untuk bekerja sama.

"Bekerja sama, meski berasal dari berbagai budaya menciptakan ruang untuk perdamaian," tulis Meghan.



Close Ads X