Menilik Besarnya Pengaruh Kehidupan Cinta pada Kesehatan

Kompas.com - 13/12/2018, 11:08 WIB
Ilustrasi jogging DragonImagesIlustrasi jogging

KOMPAS.com - Pasang surut kehidupan cinta kita ternyata berpengaruh secara besar pada kesehatan fisik maupun mental.

Salah satu contoh nyata adalah pasangan yang sudah menikah pada umumnya lebih gemuk atau saat sedang jatuh cinta kita cenderung malas berolahraga. Pengaruh pasangan dalam gaya hidup memang besar.

Sebuah penelitian terbaru mencoba memotret fenomena tersebut. Tim peneliti dari Finlandia melakukan studi antara tahun 2007 hingga 2011 dengan melibatkan sekitar 1000 peserta terdiri dari pria dan wanita berusia antara 34-49 tahun.

Tim peneliti mengumpulkan data mengenai aktivitas fisik responden berdasarkan fluktuasi status hubungan asmara peserta.

Hasilnya, pria yang bercerai selama periode studi mengurangi aktivitas fisik mereka, begitu pula dengan wanita yang memasuki sebuah hubungan baru.

Sementara itu, wanita yang baru saja memasuki masa pernikahan meningkatkan aktivitas fisik mereka. Wanita yang menikah tampaknya lebih aktif secara fisik daripada wanita yang baru saja memasuki hubungan.

Jika selama ini kita berpikir orang putus cinta justru lebih rajin berolahraga, riset ini membuktikan hal berbeda.

Samantha Morrison, ahli kesehatan dan kebugaran, mengatakan memiliki pasangan adalah salah satu hal yang paling mendasar dalam kehidupan.

"Jadi, seharusnya tidak mengherankan perubahan dalam status hubungan dapat menggoncangkan segalanya," katanya.

Ketika kita putus hubungan kepercayaan diri kita bisa sedikit goyah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X