Tak Hanya menunjang Gaya, "Sneakers" Juga Layak untuk Investasi

Kompas.com - 18/12/2018, 15:19 WIB
Koleksi sneakers Reebok di gerai Reebok FitHub 3.0, Grand Indonesia KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAKoleksi sneakers Reebok di gerai Reebok FitHub 3.0, Grand Indonesia

KOMPAS.com - Ketika berpikir soal investasi, sneakers mungkin bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita.

Namun menurut penelitian yang baru dirilis, beberapa sneakers bisa menjadi investasi yang lebih baik daripada emas.

Riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes - situs web kupon, kupon, dan diskon yang berbasis di AS - menganalisis 50 pasang sepatu yang telah dirilis selama bertahun-tahun.

Menurut temuan, beberapa sepatu memiliki nilai jual kembali lebih dari 60 kali harga aslinya.

Misalnya, Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims, yang awalnya dijual seharga 65 dollar AS atau Rp 942 ribu pada tahun 2002, sekarang terlah bernilai lebih dari 4000 dollar AS atau Rp 57 juta.

Ada juga Yeezy 2 Red Octobers, yang dijual seharga 250 dollar AS atau Rp 3,6 juta pada tahun 2014 dan sekarang bernilai 5655 dollar AS atau Rp 81 juta.

Secara finansial, itu adalah keuntungan atas investasi yang besar. Studi ini menemukan semua merek sneakers yang terdaftar itu mengalami peningkatan nilai lebih banyak daripada emas sejak dirilis.

Beberapa analis pun telah menganggap emas sebagai investasi yang berisiko atau buruk, dan dalam lima tahun terakhir, nilainya telah berfluktuasi cukup tinggi.

"Ketika kita memikirkan suatu hal untuk investasi, kita biasanya mengasosiasikannya dengan properti atau saham," kata Anders Nilsson, juru bicara MyVoucherCodes.

Meskipun ini masih menjadi pilihan populer bagi banyak orang, kata Nilsson, menarik untuk melihat betapa menguntungkan pasar penjualan kembali produk sneakers, dengan beberapa merek meraup potensi keuntungan ribuan dolar dalam waktu singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X