Beyonce dan Jay Z Ikuti Pola Hidup Vegan, Apa Manfaatnya? - Kompas.com

Beyonce dan Jay Z Ikuti Pola Hidup Vegan, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 03/01/2019, 12:12 WIB
Beyonce tampil di panggung 2018 Coachella Valley Music And Arts Festival Weekend 1 di Empire Polo Field, Indio, California, pada 14 April 2018. Kevin Winter/Getty Images for Coachella/AFP Beyonce tampil di panggung 2018 Coachella Valley Music And Arts Festival Weekend 1 di Empire Polo Field, Indio, California, pada 14 April 2018.

KOMPAS.com - Beyonce dan sang suami, Jay-Z, mendorong para penggemarnya untuk menerapkan pola hidup vegan.

Vegan adalah jenis diet yang menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk olahan dari hewan seperti susu, keju, telur, gelatin, madu, dan sebagainya. 

Menurut pasangan selebriti itu, menjadi vegan adalah hal penting untuk mengatasi masalah lingkungan global karena mengurangi gas buang dari hewan ternak dan energi pemrosesan makanan.

Selebriti yang juga tergabung dalam grup musik The Carters itu merupakan pasangan yang memiliki pengaruh kuat di dunia.

Kali ini mereka menggunakan pengaruhnya untuk mempromosikan manfaat pola hidup vegan.

Tepat di bulan Januari ini, muncul gerakan Veganuary, sebuah tantangan tahunan yang berusaha membuat orang-orang mengikuti pola makan vegan sepanjang bulan Januari.

Nampaknya, pasangan musisi itu juga tak mau ketinggalam untuk ambil bagian dalam gerakan ini.

Baca juga: 5 Tips Diet Vegan untuk Pemula

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Marco Borges, pelatih pribadi Beyonce, pasangan itu menceritakan manfaat gaya hidup vegan pada kehidupan mereka.

Mereka mengaku sempat menganggap diet adalah cara untuk menjaga kesehatan. Namun, tak semua pola diet cocok untuk tubuh mereka.

"Saat kita memandang kesehatan sebagai kebenaran, alih-alih diet, sebaiknya kita membagikan kebenaran dan gaya hidup itu kepada banyak mungkin orang," ucapnya.

Mereka juga menekankan dampak positif menjadi vegan terhadap lingkungan.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk membela kesehatan diri dan kesehatan planet ini,” ucapnya.

Atas dasar itu, pasangan yang menikah di tahun 2008 silam itu mengajak para penggemarnya bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan diri dan bumi, dengan menjadikan misi ini sebagai gerakan.

Pada bulan Maret 2018, Beyonce mengungkapkan bahwa dia mengikuti pola makan vegan ketika mempersiapkan penampilan utamanya di festival musik Coachella.

Baca juga: Liam Hemsworth Merasa Lebih Hidup Setelah Jadi Vegan

Dia mengumumkan perubahan gaya hidupnya itu lewat sebuah unggahan foto makanan di Instagram.

"44 menuju Coachella!! Waktunya Vegan!!." Itulah kalimat yang ditulis Beyonce dalam unggahannya.

Ilustrasi menu veganMizina Ilustrasi menu vegan
Bintang R&B itu mengikuti diet vegan berdasarkan program bernama The 22 Days Nutrition meal planner, yang ia dirikan bersama suaminya dan Borges.

Lewat laman resmi program yang dibuatnya, tahun 2013 Jay-Z menulis tentang makna menjadi vegan. Baginya, menjadi vegan merupakan bagian dari pembersihan fisik dan spiritual.

Survei terbaru yang dirilis oleh omparethemarket.com menemukan lebih dari 3,5 juta orang Inggris telah mengikuti gaya hidup vegan.

Ini merupakan angka yang meningkat secara drastis selama beberapa tahun terakhir.

Profesor Carolyn Roberts, mantan direktur Jaringan Alih Pengetahuan Keberlanjutan Lingkungan di University of Oxford, menyakini peningkatan ini disebabkan oleh pergeseran sikap terhadap masalah lingkungan.

"Jika semua pemakan daging beralih ke pola makan vegan, kemungkinan besar dapat mengurangi separuh total emisi gas rumah kaca yang terkait dengan makanan," katanya.


Terkini Lainnya


Close Ads X