Kapan Waktu Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan? - Kompas.com

Kapan Waktu Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 07/01/2019, 08:29 WIB
Ilustrasi olahragajacoblund Ilustrasi olahraga

KOMPAS.com - Salah satu bagian terberat dari menurunkan berat badan adalah menjaganya untuk tidak naik lagi ketika sudah turun, atau bisa dikenal sebagai yo-yo. 

Dilansir dari laman runnersworld, studi sebelumnya mengonfirmasi, kunci dari para orang yang sukses menjaga berat badan adalah tetap aktif.

Namun bagaimana bisa tetap aktif agar sukses mengatur berat badan?

Fenomena tersebut membuat para peneliti di Colorado menggali lebih dalam tentang aktivitas orang yang sukses menjaga berat badan, mulai dari aktivitas selama sepekan, serta hari apa yang paling aktif.

Para peneliti menemukan sebuah pola--mereka yang sukses menjaga bobot tubuhnya berolahraga di pagi hari selama lima hari dalam sepekan. 

"Pertama saya berpikir penelitian ini menyoroti pentingnya aktivitas fisik untuk mengelola berat badan," kata rekan penulis studi Seth Creasy, dari University of Colorado Anschutz Medical Campus Division of Endocrinology, Metabolism and Diabetes.

Baca juga: Aktivitas Pagi Hari Menentukan Bagaimana Kita Menjalani Hari

Dia mengatakan, mereka yang sukses menjaga penurunan berat badan berusaha aktif dalam beberapa cara hampir setiap hari dalam seminggu, serta menjadikan aktivitas sebagai prioritas.

Artinya, saat tidak melakukan latihan yang terjadwal, seperti perjalanan panjang, mereka melakukan cara lain untuk tetap aktif.

Menurut penelitian tersebut, mereka yang beraktivitas terbanyak di pagi hari cenderung memiliki hasil terbaik.

Mempresentasikan hasil awal pada pertemuan tahunan ObesityWeek, Creasy dan rekan peneliti melaporkan, waktu terbaik beraktivitas untuk menjaga berat badan adalah tiga jam setelah bangun tidur. Penelitian ini juga menemukan, mereka lebih aktif setiap akhir pekan.

Baca juga: Benarkah Waktu Terbaik Olahraga Ada di Pagi Hari?

Kendati penelitian ini kecil, dengan hanya 30 peserta, Creasy memercayai temuan ini bisa mendorong lebih banyak penelitian lain mengapa latihan pagi akan jauh lebih sukses bagi mereka yang mencoba mempertahankan berat badan.

Creasy berhipotesis, hal itu kemungkinan karena hambatan yang lebih sedikit--seperti pertemuan kerja yang dijadwalkan ulang atau mengubah rencana kumpul-kumpul di malam hari.

Baca juga: Kenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari?

Namun bagaimana jika kamu bukan tipe yang berolahraga pagi?

Creasy percaya, selama kamu menjadikan aktivitas fisik sebagai prioritas harian, dan menciptakan kebiasaan yang bisa dikerjakan yang sesuai dengan kepribadian, kemungkinan bisa sama suksesnya.

"Konsistensi adalah kunci apa," katanya.

"Para pengelola berat badan ini menjadikan aktivitas sebagai kebiasaan, seperti tidur, lebih awal atau minum lebih banyak air."


Terkini Lainnya


Close Ads X