Starbucks Coffe Sanctuary, Mengapa Memilih Bali?

Kompas.com - 17/01/2019, 18:26 WIB
Bar Reserve di Starbucks Dewata Kompas.com/WisnubrataBar Reserve di Starbucks Dewata
Editor Wisnubrata

BALI, KOMPAS.com - Bukan rahasia bila beberapa orang di dunia lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Karenanya tidak heran jika Starbucks Reserve Dewata, satu-satunya gerai Starbucks dengan konsep coffee sanctuary didirikan di pulau tersebut.

Namun kepopuleran Bali ternyata bukan satu-satunya alasan. Pilihan itu juga dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan kopi dan budaya Indonesia, serta sebagai penghargan pada para petaninya.

Menurut Anthony Cottan, direktur, Starbucks Indonesia, PT Sari Coffee Indonesia, sampai saat ini Starbucks sudah mebuka lebih dari 380 gerai di Indonesia.

Banyaknya gerai itu antara lain dimaksudkan untuk mempermudah orang mendapatkan kopi.

"Orang Indonesia sudah disibukkan dengan berbagai hal, seperti kemacetan, kesibukan, dan lainnya. Karenanya kami ingin membantu mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menyediakan gerai Starbucks di berbagai tempat, seperti stasiun kereta, MRT, dan tempat-tempat lain," ujar Anthony saat pembukaan Starbucks Reserve Dewata Sabtu lalu (12/1/2019).

"Tapi kami tidak hanya mengembangkan gerai yang seperti itu. Kami juga merasa punya tanggung jawab terhadap Indonesia. Negara ini memiliki berbagai jenis kopi yang istimewa, seperti kopi Sumatra, Jawa, Sulawesi, Papua, Flores, dan Bali."

"Kami ingin bercerita soal kekayan kopi itu. Kebetulan Bali merupakan tujuan wisata orang-orang di seluruh dunia. Dengan membangun Starbucks Dewata ini, kami ingin memperlihatkan keindahan dan kekayaan Indonesia pada dunia. Bukan hanya kopinya, tapi juga budayanya," papar Anthony.

Dengan alasan tersebut, gerai yang berada di Sunset Road ini didesain dengan cita rasa Indonesia. Arsitektur, interior, hingga meja dan kuris di dalamnya merupakan rancangan seniman lokal yang menggambarkan budaya dari daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia.

Baca juga: 17 Keunikan yang Tak Boleh Dilewatkan dari Starbucks Reserve Dewata

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Starbucks Dewata adalah gerai terbesar di Asia Tenggara sekaligus satu-satunya di dunia yang memiliki konsep coffee sanctuary. Ini adalah the one and only. Selain menikmati kopi, termasuk kopi-kopi Indonesia, di sana kita bisa mengikuti perjalanan kopi dari mulai biji, ditanam, panen, diproses, hingga menjadi minuman yang nikmat. Dengan begitu, kita akan lebih menjiwai setiap tegukannya. Berada di Bali, gerai ini kaya dengan desain yang mengambil tema budaya daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia, sekaligus memiliki banyak spot menarik untuk berfoto. Kita bisa juga mengikuti tour untuk memahami bagaimana kopi diolah sehingga menjadi minuman. bahkan ada kebun kopi kecil yang membuat suasana gerai lebih dekat dengan alam. #starbucksreservedewata #starbucksdewata #starbucksdewatabali #coffeesanctuary

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompaslifestyle) on Jan 13, 2019 at 10:39pm PST

 

Satu-satunya di dunia

Tidak seperti gerai Starbucks lain, di Starbucks Dewata kita bisa melihat bagaimana orang membudidayakan kopi, mulai dari penanaman pohon kopi, panen, pengolahan, pemanggangan, hingga disajikan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X