Agar Hasil Riasan Mulus, Simak Tips Menutupi Jerawat

Kompas.com - 10/02/2019, 16:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Menyamarkan jerawat dengan makeup ketika jerawat sedang meradang memang tidak dianjurkan.

Namun, bagaimana jika kita harus menghadiri sebuah acara yang perlu tampil dengan riasan wajah?

Ketika jerawat sedang parah-parahnya, sebaiknya lupakan dulu kosmetik untuk menyamarkannya. Jika nekat dilakukan, dikhawatirkan jerawat menjadi iritasi atau muncul jerawat baru.

Ketika jerawat sudah tidak meradang atau bengkak, boleh saja memakai makeup, asalkan produk kosmetik yang dipilih tepat. Sebaiknya pilih produk yang bebas minyak.

Baca juga: Mengenal 10 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa tips yang dapat membantu:

- Sebelum memakai makeup, kompres jerawat dengan es atau pun kompres hangat. Pilih yang paling nyaman untuk kulit. Kompres es bisa menenangkan rasa nyeri, sementara kompres hangat membantu membunuh bakteri. Kedua jenis kompres ini bisa mengurangi peradangan.

- Hindari memakai foundation yang bersifat full-coverage. Sebagai gantinya, kombinasikan pelembab jenis tinted moisturizer dan concealer ringan.

"Makeup yang berat justru akan memperparah jerawatnya. Yang kita inginkan adalah sedikit menyamarkan jerawatnya dan membuat skin tone tidak terlalu berbeda," kata makeup artist Autumn Moultrie seperti dikutip Allure.

- Penggunaan primer atau concealer berwarna kehijauan langsung pada area yang berjerawat juga bisa membantu mengurangi warna merah pada kulit.

Setelah primer, aplikasikan concealer yang warnanya agak kuning, dan baurkan dengan area kulit sekeliling yang tidak berjerawat.

Baca juga: Mengapa Kita Gemas Ingin Memencet Jerawat

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X