Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2019, 14:33 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak kebiasaan yang kita lakukan berpengaruh terhadap kesehatan kita. Tentu kebiasaan menyehatkan seperti berjalan kaki, mencuci tangan, atau banyak minum air sebaiknya kita pertahankan.

Namun ada kebiasaan-kebiasaan yang ternyata berpengaruh buruk pada tubuh kita, padahal secara tak sadar sering kita lakukan. Apa saja kebiasaan itu? Berikut 5 di antaranya:

1. Menahan buang air kecil

Ilustrasi menahan buang air kecil Ilustrasi menahan buang air kecil
Ketika kamu ingin buang air kecil, lakukanlah! Menahannya terlalu lama tidak baik untuk kesehatanmu. “Air seni seperti sungai” kata Grant Fowler, seorang staf kesehatan dari Texas Medical Center.

“Jika kamu menahannya, alirannya akan terhenti dan memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh di kantung kemih atau bahkan ke ginjalmu. Menjaga alirannya menurunkan resiko infeksi,” tambahnya.

Menurut Ansari, direktur medis di Montefiore Medical Group, resiko infeksi kantung kemih, ginjal, atau bahkan prostat semakin besar jika kamu mempunyai kondisi pembuangan yang tidak baik atau sedang hamil.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa menahan pipis terlalu lama dapat merenggangkan kantung kemih, atau yang biasa disebut dengan infrequent voiders syndrome.

Baca juga: Bolehkah Menahan Kencing Lama-Lama?

2. Menggigit kuku

Ilustrasi menggigit kukuAndreyPopov Ilustrasi menggigit kuku
Salah satu kebiasan yang cukup sering dilakukan orang saat gugup adalah menggigit kuku.

“Menggigit kuku dapat memberikan dampak pada kuku dan infeksi pada sekitar kulit, yang biasanya disebut dengan paronychia,” kata Dr. Ansari.

“Selain itu, menggigit kuku dapat menyebabkan masuknya kuman ke dalam tubuh. Hal itu akan berakibat penyakit pada pernafasan bagian atas dan infeksi lainnya,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Dr Fowler mengatakan bahwa menggigit kuku juga akan memberikan dampak bagi gigi, bahkan bisa membuatnya retak.

Baca juga: Bahaya Kesehatan di Balik Kebiasaan Menggigit Kuku

3. Menatap komputer sepanjang hari

Ilustrasi bekerjaDragonImages Ilustrasi bekerja
Menurut American Optometric Association, rata-rata pekerja di Amerika menghabiskan tujuh jam menatap layar komputer. Hal itu dapat menyebabkan sindrom penglihatan komputer (computer vision syndrome).

“Menatap layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah penglihatan, seperti ketegangan mata dan bahkan kerusakan retina,” kata Dr. Ansari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com