Kompas.com - 17/03/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi orang tua bahagia Siri StaffordIlustrasi orang tua bahagia

KOMPAS.com - Sangat sulit mempertahankan kebugaran tubuh saat usia telah mencapai angka 40 lebih. Terkadang, tetap rutin berolahraga tak cukup untuk memertahankannya.

Menurut pelatih kesehatan bernama Kevin Heine, seiring bertambahnya usia, manusia biasanya mengalami penyusutan massa otot. Inilah yang membuat kita sulit mempertahankan kebugaran tubuh.

"Kita kehilangan sebanyak 3 hingga 5 persen dari massa otot setiap dekade setelah usia 30, dan ini memiliki dampak signifikan pada metabolisme," kata Heine.

Menurutnya, rutin berolahraga sangat membantu kita untuk mepertahankan tubuh ideal. Alasannya, memiliki lebih banyak otot dapat meningkatkan metabolisme istirahat.

Jika kita memiliki lebih banyak otot, kita tidak hanya membakar lebih banyak kalori saat berolahraga. Tapi, kita juga membakar lebih banyak kalori saat dalam keadaan istirahat.

Baca juga: Panduan Kalistenik untuk Pemula, Membentuk Otot Tanpa Harus Nge-Gym

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, metabolisme tubuh juga mengalami penurunan kecepatan.

Menjaga massa otot

Kabar baiknya, kita bisa meningkatkan metabolisme istirahat dengan meningkatkan massa otot. Heine merekomendasikan kita untuk mempraktikan latihan kekuatan pada rutinitas mingguan kita.

American College of Sports Medicine merekomendasikan latihan kekuatan setidaknya dua kali per minggu dengan diselingi beberapa waktu istirhat.

Latihan kekuatan identik dengan latihan beban. Tapi, ini bukan berarti kita harus melakukan olahraga seperti binaragawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.