Kompas.com - 07/05/2019, 11:07 WIB
Ilustrasi belanja buah JupiterimagesIlustrasi belanja buah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Secara tidak disadari kita mungkin pernah mendorong-dorong troli di supermarket sambil bermain ponsel, misalnya membalas pesan ibumu, teman atau pacar.

Bahkan ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang dan dilakukan hingga troli terisi penuh dengan barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan, termasuk makanan tidak sehat.

Para peneliti melihat bahwa orang-orang yang kerap menggunakan ponsel mereka sambil berbelanja cenderung melakukan tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan belanja mereka.

Seperti ngobrol dengan seseorang, mengecek email, mendengarkan lagu, atau bahkan bermain game.

Situasi itu membuat mereka secara signifikan membeli lebih banyak item yang tidak direncanakan sebelumnya, daripada mereka yang fokus belanja dan tidak menggunakan ponsel ketika berbelanja.

Akhirnya barang-barang yang dibeli tanpa rencana pun juga cenderung produk "hedonis", berlebihan atau tidak praktis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu diungkapkan penulis studi Michael R. Sciandra, Ph.D., seorang asisten profesor pemasaran di Fairfield University di Connecticut .

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Marketing Science, jika kita hanya menggunakan ponsel untuk kegiatan yang berhubungan dengan belanja, kita cenderung tidak akan mengambil keputusan belanja yang menyimpang.

Misalnya, menggunakan ponsel untuk menghitung harga dan mencari kupon diskon.

Namun jika kita menggunakan ponsel untuk kegiatan lain, maka kita cenderung lebih mudah tergoda membeli barang yang di mata tampak menarik saja.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.