6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kencan Pertama

Kompas.com - 23/05/2019, 17:00 WIB
.SHUTTERSTOCK .

KOMPAS.com - Kencan pertama adalah penentu nasib hubungan asmara ke depan.

Kesan pertama sangat menentukan kesuksesan kencan.

Jadi, agar kita tak mengalami momen kencan yang canggung dan mengecewakan, berikut tips untuk kencan pertama yang sukses.

1. Jangan buru-buru tinggalkan teman kencan

Ketika percakapan berjalan membosankan, dan kita menyadari tak memiliki ketertarikan lebih pada teman kencan, tentu kita ingin segera meninggalkan tempat dan pamit pulang.

Namun Psikolog kencan dan hubungan Madeleine Mason Roantree menyarankan agar hal tersebut tidak dilakukan. Apalagi, jika kita pergi tanpa pamit.

"Kecuali Anda memang memiliki kondisi darurat, jangan lakukan itu," kata dia.

Menurut Mason, melakukan "ghosting" alias meninggalkan seseorang tanpa pamit atau kabar sama dengan melakukan penolakan.

"Ini tindakan pengecut dan menyedihkan. Jangan lakukan itu," ucap dia.

Jika momen kencan tersebut berjalan tak sesuai harapan, setidaknya kita harus bersikap sopan dengan tidak buru-buru meninggalkan teman kencan.

Baca juga: 7 Kesalahan Wanita Jomblo hingga Sulit Dapat Pacar

2. Jangan lakukan 'negging'

'Negging' merupakan taktik untuk manipulasi emosional di mana seseorang membuat pujian yang disengaja atau membuat komentar genit dengan tujuan merusak kepercayaan diri orang lain.

Mason menyarankan kita agar tak melakukan hal ini atau melakukan segala hal untuk mempengaruhi sisi psikologis seseorang saat berkencan, terutama saat kencan pertama.

"Ini biasanya menjadi bumerang bagi mereka yang mencari pasangan untuk jangka panjang," katanya.

Menurut Mason, mencoba untuk memanipulasi emosional atau sisi psikologi seseorang hanya untuk membuat terlihat lebih unggul saat berkencan tak akan pernah berhasil.

Baca juga: Rasa Tertarik Pada Pasangan Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

3. Jangan bicara tentang masa depan

Halaman:



Close Ads X