Kompas.com - 30/06/2019, 21:37 WIB

KOMPAS.com - Berolahraga, menerapkan pola makan yang baik, dan menjaga berat badan sehat adalah "ritual" wajib yang harus dilakukan oleh penderita diabetes tipe 2.

Namun, beberapa orang yang memiliki kondisi sama juga harus mendapatkan perawatan tambahan berupa terapi insulin.

Sayangnya, terapi insulin bisa menimbulkan efek penambahan berat badan. Hal ini bisa menjadi dilematis bagi pasien yang perlu mengontrol diabetes dan berat badan mereka.

Saat berada di posisi ini, kita mungkin merasa frustrasi. Bahkan, bisa merugikan diri kita bila tetap bertahan dengan terapi tersebut.

Pada penderita diabetes, mengendalikan gula darah adalah hal yang sangat penting. Terapi insulin seringkali digunakan karena sangat bermanfaat ketika perawatan lain tidak cukup efektif atau berbahaya bagi pasien dengan kondisi tertentu.

Biaya terapi insulin sangat bervariasi. Tapi, terapi insulin dengan biaya rendah biasanya menyebabkan penambahan berat badan.

Di satu sisi, kenaikan berat badan adalah tanda bahwa insulin berfungsi, di mana tubuh memanfaatkan gula, lemak, dan protein secara lebih efektif dan mampu menyimpan nutrisi.

Biasanya, nafsu makan meningkat ketika gula darah berada di level tinggi. Ini adalah gejala utama kondisi diabetes.

Ketika tubuh memanfaatkan nutrisi dengan lebih baik dan mampu menyimpannya, asupan makanan harus disesuaikan untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Kita harus melakukan penyesuaian lebih lanjut jika kita berusaha menurunkan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.