Ingin Langsing? Luangkan 15 Menit Saja agar Lebih Berhasil

Kompas.com - 11/07/2019, 17:21 WIB
Ilustrasi langsingshironosov Ilustrasi langsing

KOMPAS.com - Banyak orang ingin mendapatkan tubuh ideal namun terjebak dalam pola diet yang keliru.

Padahal, menyisahkan 15 menit saja waktu dalam sehari sangat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Riset yang diterbitkan dalam Jurnal Obesity membuktikan, menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang kita makan dan minum dapat meningkatkan peluang untuk menurunkan berat badan.

Riset tersebut meneliti 142 orang dengan berat badan berlebih atau obesitas yang diminta untuk mencatat makanan apa saja yang mereka konsumsi.

Peneliti juga mengadakan sesi kelompok online tentang strategi penurunan berat badan selama enam bulan.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu 15 menit setiap hari untuk mencatat makanan yang dikonsumsi mengalami penurunan berat badan paling banyak.

"Orang-orang yang secara konsisten mencatat apa saja yang mereka konsumsi kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata Leslie Heinberg, Direktur di Enterprise Weight Management.

Menurut peneliti, orang-orang yang paling sukses dalam penurunan berat badan adalah orang-orang yang mencatat apa yang mereka makan dan terus melakukannya selama enam bulan.

Tak tanggung-tanggung, peserta yang rutin melakukan pencatatan tersebut mampu menurunkan berat badan hingga 10 persen atau lebih dari berat badan awal mereka.

"Studi ini memperkuat apa yang telah diketahui para ahli selama bertahun-tahun, bahwa membuat jurnal makanan adalah alat yang efektif bagi mereka yang ingin langsing atau hanya mempertahankan berat badan," kata Dr. Heinberg.

Baca juga: Rajin Hitung Kalori, Wanita Ini Turunkan Berat Badan Puluhan Kilogram

Memang sulit untuk memulai perubahan pada gaya hidup tanpa memiliki data. Menurut Dr Heinberg, memiliki buku catatan tentang asupan makanan harian dapat bertindak sebagai "GPS" untuk membantu membimbing kita dalam memenuhi kebutuhan.

Dr Heinberg mengatakan kunci kesuksesan dalam menurunkan berat badan adalah mengikuti data dari catatan tentang asupan makaan kita.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X