Kompas.com - 23/07/2019, 11:45 WIB
Ilustrasi lelah SIphotographyIlustrasi lelah

KOMPAS.com - Lelah karena pekerjaan telah dikategorikan sebagai gangguan medis.

Pada bulan Mei, Organisasi Kesehatan dunia (WHO) mengklasifikasikan kelelahan kerja sebagai suatu sindrom karena stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola.

Lalu, apa saja gejala kelelahan kerja semacam ini? Melansir dari laman new York Pos, berikut lima tanda kelelahan kerja yang butuh penanganan khusus:

1. Kurang motivasi

Menurut psikolog klinis Dr. Chloe Carmichael, salah satu tanda kelelahan kronis adalah mrasa cemas tentang pekerjaan, bahkan untuk sebagian pekerjaan yang dulu kita sukai.

Ini biasanya mewujud sebagai gangguan atau perasaan frustrasi.

2. Mudah kesal

Kelelahan kerja juga bisa membuat kita mudah emosi. Menurut Carmichael, perasaan marah ini bisa datang untuk hal yag tak masuk akal atau bahkan sepele.

"Bahkan, warna ruangan kantor pun bisa menjadi sumber kemarahan kita," ucapnya.

Baca juga: 5 Tips Hindari Stres di Tempat Kerja

3. Perubahan kepribadian yang signifikan

Menurut Carl Bloomfield, direktur pelaksana pialang asuransi Graham Company di Midtown, salah satu tanda awal kelelahan adalah perubahan kepribadian yang nyata, seperti karyawan yang biasanya banyak bicara menjadi pendiam.

Sebaliknya, karyawan yang ramah tiba-tiba mulai menyuarakan keluhannya saat benar-benar merasa lelah.

4. Perasaan melepaskan diri

Kita mungkin mulai merasa apatis terhadap pekerjaan dan rekan kerja. Menurut pelatih kepemimpinan Amina Altai, kita mungkin berjuang untuk merasa terhubung dengan tantangan di tempat kerja karena kita tidak punya cukup energi atau antusiasme untuk bergerak melaluinya.

"Otak dan tubuh kita menjadi sangat lelah sehingga berdampak pada kemampuan kita untuk memecahkan masalah, menjadi kreatif dan kadang-kadang melewati minggu kerja," ucap dia.

5. Gejala fisik

Tubuh kita juga meraskan dampaknya saat kita mengalami kelelahan di tempat kerja. Menurut Dr. Fred Pescatore, kelelahan kronis, insomnia, dan keluhan kesehatan yang tidak dapat dijelaskan seperti sakit kepala adalah bentuk dari gejala kelelahan tersebut.

Sakit kepala dan mata lelah karena berjam-jam menatap komputer juga bisa menjadi tanda awal.

Meskipun ini mungkin tampak seperti keluhan kesehatan umum, tapi gejala-gejala ini muncul secara konsisten dari waktu ke waktu hingga mengganggu kehidupan sehari-hari, Pescatore menyarankan agar kita segera berkonsultasi ke dokter.

Baca juga: Ngemil Bisa Jadi Cara Efektif Redakan Stres

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.