Susah Menahan Pipis sampai Mengompol di Usia Dewasa, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 24/07/2019, 09:16 WIB
Ilustrasi buang air kecil ShutterstockIlustrasi buang air kecil

KOMPAS.com - Kebocoran kandung kemih atau dalam bahasa medis disebut inkontinensia urine merupakan penyebab kita tak bisa mengendalikan keinginan buang air kecil. Akibatnya urine keluar tiba-tiba walau terkadang hanya sedikit.

Hal tersebut tentu sangat memalukan, terlebih jika kita masih aktif bekerja. Kalau sudah begini, biasanya penderita inkontinensia urine terpikir untuk memakai popok dewasa.

Spesialis kedokteran pelvis wanita, Cecile Ferrando, mengatakan ada berbagai pilihan perawatan untuk mengatasi masalah inkontinensia urine. Ia jtidak menyarankan pemakaian popok pada orang dewasa.

Bahkan, banyak orang yang menghindarinya sama sekali atau menggunakannya hanya untuk solusi jangka pendek.

Ada dua jenis inkontinensia urin atau hilangnya kontrol kandung kemih yang biasa dialami banyak orang, yaitu:

1. Inkontinensia stres

Bersin, batuk atau berolahraga kadang-kadang menyebabkan tekanan ekstra pada kandung kemih. Otot pelvis yang lemah atau rusak tidak dapat mengatasi tekanan itu sehingga terjadi ngompol.

Baca juga: Apa Bahaya Sering Menahan Pipis?

2. Inkontinensia mendesak

Seiring bertambahnya usia, kita mungkin mengalami ketidakmampuan untuk mengontrol pelepasan urine. Terkadang sudah kebelet ke kamar mandi, namun tak bisa menahan urine yang keluar sebelum tiba di kamar mandi.

Wanita yang relatif masih muda terkadang mengalami kebocoran urine menjelang akhir masa kehamilan dan beberapa saat setelah melahirkan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X