Viral ART Campur Susu dengan Obat Alergi, Ini Penjelasan Psikolog

Kompas.com - 16/08/2019, 17:35 WIB
Babysitter sekarang di mulai pada usia 20 tahun ShutterstockBabysitter sekarang di mulai pada usia 20 tahun

KOMPAS.com - Kabar seorang asisten rumah tangga ( ART) yang mencampur susu anak majikannya dengan obat alergi (Cetirizine) banyak diperbincangkan di media sosial pada Kamis (15/8/2019).

Dalam kisahnya, sang ibu, Vierza, sempat merasa ada yang aneh dengan kondisi anaknya, sebab ketika hendak membangunkan anaknya yang sedang pulas tertidur, anaknya tidak kunjung sadar.

Vierza mengatakan bahwa pada botol susu anaknya terdapat obat alergi yang ada kadar alkoholnya. 

Menyikapi adanya tindakan ART yang tega mencampurkan obat alergi ke botol susu anak majikannya, Psikolog asal Surakarta, Hening Widyastuti menyampaikan bahwa ART tersebut tengah mengalami kelelahan dan stres.

"ART secara fisik adalah pekerjaan yang melelahkan mulai bangun tidur sampai tidur kembali, hampir boleh dikatakan dikerjakan semua olehnya, kecuali pada pekerjaan rumah tertentu saja yang memang hanya majikannya yang handle," ujar Hening saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, akibat banyaknya aktivitas yang dilakukan ART, tidak hanya mengasuh anak, namun juga mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, seperti menyediakan sarapan, cuci piring, cuci baju, menyetrika baju, bersih-bersih rumah, menyirami tanaman, dan belanja, maka ART menjadi kehabisan tenaga dan kelelahan.

Apalagi pada umumnya ART hanya diberi gaji sedikit atau di bawah UMR, tidak ada tunjangan kesehatan, dan fasilitas lainnya.

Baca juga: Viral Asisten Rumah Tangga Campur Susu dengan Obat agar Anak Pulas, Begini Ceritanya

"Dampaknya adalah beban kerja yang banyak dan berat, disertai pendapatan yang kecil. Sangat rentan stres," katanya lagi.

Pendampingan ART

Selain itu, Hening mengatakan kegiatan mengasuh bayi, yang kerap dilakukan oleh para ART, merupakan aktivitas yang melelahkan, karena harus menggendong dan mendampingi bayi dalam situasi yang aman dan tenang.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X