Bisakah Menambah Tinggi Badan Saat Sudah Dewasa?

Kompas.com - 16/10/2019, 18:49 WIB
Studi mengungkap ada hubungan antara tinggi badan dengan risiko kanker live scienceStudi mengungkap ada hubungan antara tinggi badan dengan risiko kanker
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Badan yang jangkung atau tinggi dapat menambah wibawa dan memberikan penampilan yang lebih baik. Berbagai cara menambah tinggi badan pun tersebar luas di internet, majalah, ataupun buku tertentu.

Namun, apakah sebenarnya cara menambah tinggi badan itu cukup efektif? Apakah jika sudah dewasa kita tetap bisa menambah tinggi badan?

Faktanya, tinggi badan lebih dominan dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, bukan berarti faktor lingkungan, seperti nutrisi dan olahraga, tidak memiliki peranan terhadap tinggi badan seseorang.

Sayangnya, saat berusia di atas 18 tahun atau ketika sudah dewasa, kita tidak bisa menggunakan cara-cara tertentu untuk meningkatkan tinggi badan. Hal ini karena saat sudah dewasa, lempengan tulang pertumbuhan sudah menutup.

Baca juga: Kapan Tinggi Badan Anak Laki-laki Akan Berhenti Tumbuh?

Namun, terdapat beberapa ‘cara menambah tinggi badan’ yang bisa dilakukan untuk membuat kamu terlihat lebih tinggi dan mencegah kehilangan tinggi badan seiring dengan pertambahan usia.

Apa saja ‘cara menambah tinggi badan’ untuk orang dewasa?

Meskipun orang dewasa sudah tidak bisa menambah tinggi badannya, tetapi terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membantu orang dewasa mempertahankan tinggi badannya atau membuatnya terlihat lebih tinggi.

Konsumsi suplemen

Saat akan mengonsumsi suplemen sebagai ‘cara menambah tinggi badan’, kita perlu mencari tahu efek samping dan apakah suplemen yang akan dibeli aman untuk dikonsumsi.

Beberapa suplemen dapat digunakan untuk memperkuat tulang dan mencegah penurunan tinggi badan pada kaum lansia atau orang dewasa, seperti suplemen vitamin D. Hindari membeli suplemen yang menjamin peningkatan tinggi badan pada orang dewasa.

Berolahraga

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X