Inilah Tanda-tanda Kamu Harus Istirahat

Kompas.com - 19/11/2019, 23:05 WIB
Ilustrasi tertidur saat bekerja Monkey Business ImagesIlustrasi tertidur saat bekerja
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setelah melakukan aktivitas padat dan menghadapi lalu lintas macet sepanjang hari, menghabiskan libur akhir pekan dengan istirahat di rumah terasa sangat damai dan menyegarkan.

Sambil istirahat, kamu bisa menonton film sepanjang hari di kamar yang sejuk dan di atas kasur yang empuk.

Meski terlihat seperti aktivitas bermalas-malasan, tetap ada manfaat istirahat yang kita rasakan, terutama bagi kesehatan fisik maupun mental.

Kapan kita butuh istirahat?

Banyak aktivitas dapat dipilih untuk menghabiskan libur akhir pekan, misalnya jalan-jalan ke luar kota atau sekedar ke taman dekat rumah.

Tetapi jika kamu menunjukkan gejala berikut, sebaiknya lupakan kegiatan di luar rumah dan pilihlah untuk istirahat saja di rumah.

Kaku otot: pegal setelah beraktivitas sebetulnya adalah hal normal, tapi kaku otot yang tidak kunjung hilang menandakan tubuh butuh istirahat atau rebahan.

Jangan tunggu sampai merasakan kelelahan yang ekstrem karena itu justru akan membawa masalah kesehatan yang lebih parah.

Nyeri otot: nyeri pada otot atau sendi yang juga tidak kunjung hilang mungkin menandakan adanya cedera. Sebagai langkah pertama, tidak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu libur dengan istirahat.

Moody: jika kamu mengalami perubahan suasana hati yang sangat fluktuatif (moody), sudah saatnya beristirahat. Pasalnya, kelelahan juga dapat mengakibatkan kita mengalami gangguan emosi seperti mudah marah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X